PENINGKATAN LAYANAN BUS TRANS JATIM KORIDOR III RUTE MOJOKERTO-GRESIK

AZARIA, SYARIFAH OKTA (2025) PENINGKATAN LAYANAN BUS TRANS JATIM KORIDOR III RUTE MOJOKERTO-GRESIK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021059-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021059-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021059-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021059-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021059-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021059-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021059-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://journal.itltrisakti.ac.id/index.php/jmtran...

Abstract

Trans Jatim Koridor III merupakan layanan angkutan umum yang menghubungkan wilayah Mojokerto dan Gresik. Namun, load factor pada koridor ini tergolong paling rendah dibandingkan koridor lainnya. Selain itu, terdapat banyak aduan dan keluhan dari penumpang terkait layanan Trans Jatim Koridor III. Oleh karena itu, evaluasi kinerja layanan berdasarkan persepsi pengguna sangat penting untuk mengetahui atribut layanan yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan pelayanannya. Hasil evaluasi ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam upaya peningkatan layanan, sehingga jumlah penumpang dan load factor dapat meningkat secara signifikan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan dengan sampel sebanyak 211 responden dan dilakukan perhitungan dengan Integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano dengan mengacu pada SPM Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2015 untuk mengetahui kinerja layanan dan kepuasan pengguna secara menyeluruh. Dari hasil perhitungan menggunakan metode IPA mendapatkan nilai sebesar 84,9% dimana berdasarkan kriteria nilai tingkat kesesuaian termasuk ke dalam kategori Kurang Puas, sehingga belum memenuhi harapan pengguna dan metode integrasi IPA-Kano menunjukkan 5 atribut yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan kinerjanya yaitu yang termasuk pada kategori Fatal. Atribut yang tergolong dalam kategori Fatal yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan, yaitu nomor trayek dan kode bus, celah bus dan halte, desain kursi, ruang khusus pengguna kursi roda, dan informasi pelayanan. Strategi peningkatan yang disarankan meliputi penambahan nomor trayek dan kode bus di kaca dalam bus, penambahan platform level boarding guna meminimalkan celah antara bus dan halte, penggantian posisi kursi, penambahan ruang khusus pengguna kursi roda, dan penambahan informasi pelayanan terkait rute halte yang akan dilewati. Penelitian ini hanya berfokus pada aspek kinerja pelayanan, oleh karena itu untuk evaluasi kinerja layanan pada penelitian selanjutnya dapat ditambahkan terkait aspek kinerja operasional agar lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bus Trans Jatim, Metode Importance Performance Analysis (IPA), Model Kano, Kinerja Pelayanan, Peningkatan Pelayanan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021059 21021059
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:01
Last Modified: 22 Jul 2025 08:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item