IDENTIFIKASI BAHAYA KERJA DI BENGKEL PERUM PPD AREA CIPUTAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRADC

RIZKY, MOHAMAD PIER ORELIO (2022) IDENTIFIKASI BAHAYA KERJA DI BENGKEL PERUM PPD AREA CIPUTAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRADC. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABTRACT)
18.02.0270_SKRIPSI_ABTRACT.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
18.02.0270_SKRIPSI_BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2)
18.02.0270_SKRIPSI_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.02.0270_SKRIPSI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.02.0270_SKRIPSI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.02.0270_SKRIPSI_BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.02.0270_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan kerja merupakan faktor penting yang harus dijaga oleh perusahaan dan ditempatkan di atas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di era globalisasi saat ini tidak hanya dialami oleh negara-negara industri tetapi juga oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia. Mengidentifikasi tahapan kerja pada bengkel Perum PPD di wilayah Ciputat. Menganalisis tingkat risiko saat bekerja di bengkel Perum PPD di kawasan Ciputat. Upaya pengendalian risiko pada pekerjaan mekanikal di bengkel Perum PPD di wilayah Ciputat. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Dengan melakukan wawancara dengan mekanik bengkel Perum PPD di wilayah Ciputat. Dengan total 6 mekanik, Formulir analisis risiko dan penilaian risiko, kemudian diketahui hasil analisis dan cara pengendaliannya. Tingkat Risiko Rendah (L) hanya memerlukan operasi normal untuk mengetahui cara mengontrol, seperti penggunaan alat APD yang lebih personal, SOP yang harus diikuti dan kesadaran akan keselamatan dan kebersihan kerja perlu diperkuat. Metode metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan untuk menentukan tempat terjadi kecelakaan dan didapatkan hasil tempat perbaikan engine dan body repair risiko High, tempat perbaikan sistem AC, perbaikan kelistrikan dengan tingkat risko medium, dan tempat perawatan ban dan perawatan interior ban dengan tingkat risiko low. Hasil pembuatan jalur evakuasi metode Algoritma Dijkstra, diperoleh 2 jalur evakuasi alternatif untuk rekomendasi dan dapat diuji coba secara langsung karena sudah sesuai dengan kriterian pembuatan jalur evakuasi dan standard pembuatan jalur evakuasi oleh karena itu pembuatan jalur evakuasi alternatif harapannya dapat sebagai referansi perusahaan untuk pembuatan jalur evakuasi yang lebih baik. Kata kunci : Tingkat risiko, pengendalian risiko, dan Algoritma Dijkstra

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat risiko, pengendalian risiko, dan Algoritma Dijkstra
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0270 18.02.0270
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:00
Last Modified: 16 Aug 2022 07:00
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item