PENGARUH CELAH KANVAS REM DAN VARIASI BEBAN TERHADAP EFISIENSI REM

APTASABELA, CLARISSA HERNA (2022) PENGARUH CELAH KANVAS REM DAN VARIASI BEBAN TERHADAP EFISIENSI REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030580-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 1)
19030580-KKW-BAB_1.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2)
19030580-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030580-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030580-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030580-KKW-BAB_5.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030580-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi dikarenakan faktor dari kendaraan itu sendiri. Rem blong menjadi kasus terbesar dalam kecelakaan lalu lintas. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaktahuan pengemudi kendaraan tentang aturan beban muatan yang dibawa saat berkendara di jalan maupun pengemudi tidak memahami tata cara perawatan sistem rem seperti penggantian kanvas rem ketika dirasa sudah aus. Akibatnya banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh rem blong atau rem hilang kendali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celah kanvas rem dan variasi beban muatan terhadap hasil efisiensi rem. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kendaraan mobil barang pick up Mitsubishi Colt L300 dengan menggunakan beberapa variasi penyetelan celah kanvas rem yang dikombinasikan dengan penambahan variasi beban muatan terhadap hasil efisiensi rem. Penulis melakukan pengulangan uji coba sebanyak 5 kali untuk mendapatkan data yang akurat dan menggunakan olah data regresi linier untuk pengolahan data hasil eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyetelan celah dan penambahan beban muatan pada suatu kendaraan berpengaruh terhadap nilai efisiensi rem. Dengan menggunakan beberapa variasi penyetelan celah kanvas rem terhadap tiap-tiap variasi beban muatan ditemukan bahwa hasil penelitian berbanding terbalik terhadap efisiensi rem yang artinya jika semakin lebar celah kanvas rem diberi perlakuan dan semakin besar beban muat yang diberikan terhadap suatu kendaraan maka hasil efisiensi rem akan semakin kecil. Berdasarkan hasil uji F yaitu didapatkan nilai F hitung 143,05 dan F tabel sebesar 4,10 dapat disimpulkan nilai F hitung > F tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya bahwa celah kanvas rem dan beban muatan berpengaruh sigifikan terhadap hasil uji efisiensi rem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0580 19.03.0580
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:43
Last Modified: 15 Aug 2022 02:43
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item