LAKSITA, ANUGRAH FAUZANDY (2025) ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI REM CBS DAN NON-CBS DENGAN VARIASI BEBAN DAN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021004-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021004-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021004-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021004-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021004-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021004-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (175kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021004-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan transportasi, khususnya penggunaan sepeda motor, telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan mobilitas masyarakat. Namun, seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan, risiko kecelakaan lalu lintas juga mengalami peningkatan. Salah satu faktor utama penyebab kecelakaan adalah kegagalan sistem pengereman, yang paling sering terjadi pada kendaraan roda dua. Sepeda motor jenis matic, yang umumnya masih menggunakan sistem pengereman konvensional, memiliki tingkat kerentanan kegagalan rem yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe kendaraan lainnya. Kemudahan penggunaan sepeda motor matic membuat kendaraan ini menjadi pilihan utama masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi sistem pengereman yang dikembangkan oleh produsen sepeda motor di Indonesia adalah Combi Brake System (CBS), yang bertujuan untuk meningkatkan Keselamatan pengendara sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efisiensi pengereman antara sistem CBS dan Non CBS dengan mempertimbangkan variasi beban dan jenis konstruksi perkerasan jalan. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental dengan metode road brake test pada kecepatan 40 km/jam dan 60 km/jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem CBS memiliki efisiensi pengereman yang lebih tinggi dibandingkan Non-CBS, Khususnya pada beban ringan. Namun, efisiensi rem secara umum cenderung menurun seiring bertambahnya beban kendaraan dan peningkatan suhu rem. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengkaji efektivitas sistem pengereman CBS dalam kondisi operasional nyata. Temuan ini mendukung penerapan CBS sebagai teknologi standar untuk meningkatkan Keselamatan berkendara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegagalan Pengereman, Combi Brake System, Efisiensi Pengereman, Road Brake Test, Perkerasan Jalan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021004 21021004 |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:33 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |