FITRIANA, RAHMA NUR (2025) LAPORAN MAGANG II PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN JLADRI-TAMBAKMULYO-WAWAR (PANSELA) KABUPATEN KEBUMEN. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21011055_MAGANG 2_ ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011055_MAGANG 2_ BAB_1.pdf Download (163kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011055_MAGANG 2_ BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011055_MAGANG 2_ BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011055_MAGANG 2_ BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011055_MAGANG 2_ BAB_5.pdf Download (166kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011055_MAGANG 2_ LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
Abstract
Masalah kecelakaan lalu lintas berkaitan erat dengan keselamatan. Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang di sebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan, dan atau lingkungan. Masalah kecelakaan lalu lintas menjadi suatu permasalahan penting yang perlu dilakukan kajian terhadapnya. Kajian perlu dilakukan antara lain, penyebab kecelakaan, akibat dan penanganan terhadap masalah kecelakaan lalu lintas. Dengan tingkat kecelakaan lalu lintas jalan yang tinggi, kerugian yang ditimbulkan juga sangat tinggi baik berupa korban nyawa ataupun harta benda (Sugiyanto & Fadli, 2017). Tingkat kepatuhan dan kesadaran dari pengguna jalan di Kebumen yang kurang dengan salah satu contohnya menerobos palang pintu kereta yang sudah ditutup dan lampu merah (Kebumen Ekspress, 2016). Angka kecelakaan lalu lintas cenderung mengalami peningkatan dan masih menjadi masalah utama dalam penyelenggaraan transportasi jalan di Indonesia. Perlu diketahui bahwa kasus kecelakaan di Indonesia selama 5 tahun terakhir dari tahun 2019 hingga 2023 menunjukkan tren naik yang mana pada tahun 2019 terdapat 116.411 kasus, tahun 2020 sebanyak 100.028 kasus, tahun 2021 sebanyak 103.645 kasus, tahun 2022 sebanyak 139.364 kasus, dan tahun 2023 sebanyak 148.575 kasus (Ayuningtyas, 2024). Tidak hanya di Indonesia, di Kabupaten Kebumen khususnya pada Jalan Pansela juga banyak terjadi kecelakaan selama 4 tahun berdasarkan data dari Polres Kabupaten Kebumen. Pada Jalan Pansela di tahun 2020 terdapat 24 kasus kecelakaan, 2021 terdapat 39 kasus kecelakaan, 2022 terdapat 31 kasus kecelakaan, dan tahun 2023 terdapat 49 kasus kecelakaan (Polres Kebumen, 2024). Tentu yang menjadi salah satu hal tersebut adalah daerah rawan kecelakaan yang dilalui para pengendara (Putri & Wahyuningsih, 2022). Maka dari itu, informasi mengenai daerah rawan kecelakaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan penegak hukum. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengawasan maupun tindakan antisipasi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECELAKAAN, BLACKSITE, INSPEKSI KESELAMATAN JALAN |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011055 21011055 |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:57 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:57 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |