PEMERIKSAAN PEMENUHAN PERSYARATAN TEKNIS SISTEM SUSPENSI JENIS PEGAS DAUN KENDARAAN MITSUBISHI CANTER BERBASIS WEB

SETYAWAN, GENTA DANI (2022) PEMERIKSAAN PEMENUHAN PERSYARATAN TEKNIS SISTEM SUSPENSI JENIS PEGAS DAUN KENDARAAN MITSUBISHI CANTER BERBASIS WEB. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030585-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
19030585-KKW-BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
19030585-KKW-BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
19030585-KKW-BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
19030585-KKW-BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
19030585-KKW-BAB_V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030585-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy

Abstract

Pemeriksaan persyaratan teknis secara visual maupun manual kendaraan bermotor salah satu komponen yang diuji adalah pada bagian sistem suspensi. Sistem suspensi merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang berfungsi meredam getaran pada kendaraan. Pemeriksaan sistem suspensi meliputi pemeriksaan pada komponen sistem suspensi dengan pemeriksaannya menggunakan alat bantu palu, helm dan senter. Pada pemeriksaan persyaratan teknis suspensi kendaraan di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Malang media untuk pemeriksaan masih menggunakan kertas berupa Lembar Hasil Pemeriksaan (LHP) dan hasil nya masih dalam bentuk kertas dan belum disertai bukti alasan penolakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah website sebagai media pemeriksaan sistem suspensi khususnya jenis pegas daun untuk meningkatkan kualitas hasil uji serta pemeriksaan yang lebih rinci terhadap komponen sistem suspensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk berupa Website. Kemudian untuk uji coba website menggunakan black box testing. Pada penilaian validasi menggunakan kuesioner. Masalah yang sering terjadi pada sistem suspensi jenis pegas daun yaitu khususnya pada Kendaraan Mitsubishi Canter sumbu 1.1 dan 1.2 di UPUBKB Kabupaten Malang yaitu pada komponen klip pengikat dan U-bolt yang kendor serta pegas daun yang patah maupun retak. Hal itu terjadi karena umur kendaraan yang sudah tua dan kendaraan mengangkut beban yang berlebih. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata – rata yang diperoleh dari pengujian efektivitas website dengan menggunakan skala Likert berdasarkan jawaban dari 10 responden memiliki nilai 4,22 dan lebih dari 4,2. Ini menunjukkan bahwa penggunaan website, kelayakan dan ketelitian hasil uji dengan menggunakan website dikategorikan sangat baik. Kata Kunci : Pemeriksaan sistem suspensi, Suspensi pegas daun, Skala likert, Efektivitas, Website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemeriksaan sistem suspensi, Suspensi pegas daun, Skala likert, Efektivitas, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0585 19.03.0585
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:53
Last Modified: 15 Aug 2022 02:53
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item