PUJILESTARI, NUR INDAH (2025) LAPORAN MAGANG INDIVIDU RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU DAN KADAR AIR PADA MINYAK REM DI BUS TRANS JOGJA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21021053-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021053-MAGANG 2-BAB_1.pdf Download (63kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021053-MAGANG 2-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021053-MAGANG 2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021053-MAGANG 2-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021053-MAGANG 2-BAB_5.pdf Download (97kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021053-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor merupakan alat transportasi utama di Indonesia dengan dominasi pengguna kendaraan pribadi yang mencapai 84,31% (BPS, 2023). Namun, tingginya jumlah kendaraan bermotor berbanding lurus dengan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas. Salah satu faktor utama kecelakaan adalah kegagalan sistem pengereman,penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab utama kegagalan rem, dengan studi kasus pada bus Trans Jogja. Berdasarkan hasil investigasi KNKT (2023), tiga fenomena utama penyebab kegagalan rem adalah brake fading, penurunan volume udara bertekanan, dan vapor lock. Penelitian ini akan melakukan uji coba pada sistem pengereman bus Trans Jogja, yang memiliki pola operasional dengan banyak pemberhentian dan penggunaan rem yang intensif. Analisis dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh pemanasan minyak rem serta kadar air di dalamnya terhadap performa pengereman. Faktor-faktor seperti durasi penggunaan rem, suhu lingkungan, dan kondisi sistem pengereman akan diperhitungkan untuk memahami potensi overheating. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan solusi teknis guna meningkatkan keselamatan operasional kendaraan umum dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kegagalan sistem pengereman.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keselamatan,kecelakaan lalu lintas,pengereman,kegagalan rem, vapor lock. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021053 21021053 |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 04:06 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 04:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |