SKRIPSI EVALUASI PELAYANAN ANGKUTAN PEDESAAN DI KABUPATEN MOJOKERTO (STUDI KASUS: TRAYEK MOJOSARI-PACET)

ANDREANTO, MUCHAMMAD DANANG RIZQI (2024) SKRIPSI EVALUASI PELAYANAN ANGKUTAN PEDESAAN DI KABUPATEN MOJOKERTO (STUDI KASUS: TRAYEK MOJOSARI-PACET). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20013091-SKRIPSI-ABSRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text (BAB 1)
20013091-SKRIPSI-BAB_I.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2)
20013091-SKRIPSI-BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20013091-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20013091-SKRIPSI-BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20013091-SKRIPSI-BAB_V.pdf

Download (392kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20013091-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Mojokerto memiliki angkutan umum pedesaan yang berperan penting dalam mobilitas harian masyarakat. Berdasarkan Peraturan Bupati Mojokerto Nomor 42 Tahun 2009, terdapat 5 trayek angkutan umum pedesaan yang resmi beroperasi, namun sejak pandemi COVID-19, hanya 3 trayek yang masih aktif, termasuk trayek Mojosari-Pacet. Masalah utama yang dihadapiadalah kurangnya informasi yang jelas mengenai jadwal keberangkatan dan Kedatangan, serta penurunan jumlah penumpang yang berdampak negatif pada load factor dan frekuensi angkutan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi eksisting pelayanan angkutan trayek Mojosari-Pacet dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa indikator kinerja operasional, seperti waktu perjalanan 3 menit/km dan kecepatan 20,03 km/jam, telah memenuhi standar. Namun, indikator lainnya seperti waktu pelayanan 11 jam, headway 33,03 menit, dan frekuensi 2 kendaraan/jam masih dinilai kurang. Berdasarkan analisis permintaan aktual dari 10 zona, diperlukan 6 kendaraan untuk memenuhi kebutuhan penumpang di rute Mojosari-Pacet. Rencana peningkatan kinerja operasional mencakup pengurangan jumlah kendaraan dari 8 menjadi 6,peningkatan kecepatan operasi menjadi 30 km/jam, serta penyesuaian waktu headway menjadi 7 menit dengan frekuensi 9 kendaraan per siklus. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan angkutan pedesaan di trayek Mojosari-Pacet dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi yang lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Muchammad Danang Rizqi Andreanto
Date Deposited: 25 Aug 2024 02:46
Last Modified: 25 Aug 2024 02:46
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item