ALWARITSZI, ANGGI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20013063_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB I)
20013063_SKRIPSI_BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB II)
20013063_SKRIPSI_BAB II.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB III)
20013063_SKRIPSI_BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB IV)
20013063_SKRIPSI_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
20013063_SKRIPSI_BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20013063_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Marka jalan merupakan tanda atau simbol yang ditempatkan di permukaan jalan, baik berupa garis, gambar, atau tulisan, yang bertujuan untuk mengatur, memperingatkan, dan memberikan panduan kepada pengguna jalan. Marka jalan ini sangat penting dalam sistem lalu lintas. Kurangnya pemahaman mengenai marka jalan dapat menyebabkan adalah tingginya angka kecelakaan lalu lintas pada anak-anak serta kurangnya pemahaman mengenai marka jalan di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk flash card yang dirancang sebagai sarana edukasi berlalu lintas bagi anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan sampel sebanyak 30 siswa SD Negeri Tegal Alur 15 Pagi. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi wawancara, pre-test, post-test, dan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan desain aplikasi "Yuk Belajar Marka" sebagai media sosialisasi berlalu lintas dalam bentuk animasi dua dimensi berhasil dikembangkan menggunakan aplikasi Unity, Adobe Illustrator 2023, dan Articulate Storyline. Pengembangan media ini berupa video animasi yang dapat bergerak, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang hanya menggunakan gambar dan audio. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat Android, di mana siswa dapat memindai flash card untuk menampilkan materi marka jalan berupa video yang sesuai dengan kartu yang dipindai. Selain itu analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa sebesar 17%, dari nilai awal 66% menjadi 83% setelah penggunaan media. Selain itu, berdasarkan perhitungan menggunakan SUS Score, sistem pembelajaran ini mendapatkan skor rata-rata 74,8 yang termasuk dalam indeks B (70-80), yang menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai marka jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TR Photography |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | ANGGI ALWARITSZI |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3048 |
Actions (login required)
View Item |