PERENCANAAN LAJUR SEPEDA MENUJU KAWASAN ALUN-ALUN WATES KABUPATEN KULON PROGO

PANULUH, NURANISA DWIODIVA (2024) PERENCANAAN LAJUR SEPEDA MENUJU KAWASAN ALUN-ALUN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Diploma thesis, POLITEKTIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011021-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB 1)
20011021-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 2)
20011021-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011021-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011021-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011021-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (70kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011021-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kawasan alun-alun Wates merupakan area yang sering dikunjungi oleh pesepeda. Namun, keberadaan pesepeda yang bercampur dengan kendaraan bermotor serta kurangnya fasilitas pendukung seperti rambu dan marka khusus menyebabkan kenyamanan dan keamanan pesepeda kurang terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pergerakan eksisting para pesepeda, menentukan rute terbaik menuju alun-alun Wates, dan merancang lajur sepeda yang aman dan nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner, Simple Additive Weighting (SAW) dan desain lajur sepeda berdasarkan pedoman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarikan tertinggi pesepeda berada di Dusun Kedungdowo. Berdasarkan metode SAW, rute terbaik menuju alun-alun Wates adalah sebagai berikut: Jalan Khudori dipasang jalur sepeda Tipe A dengan pemisah kereb ganda; Jalan Sutijab 1, 2, 3, dan Jalan Husada dipasang lajur sepeda Tipe C dengan pemisah marka pada dua arah jalan; Jalan Suparman dan Jalan Perwakilan 2 dipasang lajur sepeda Tipe C dengan pemisah marka satu pada lajur kiri satu arah; Jalan Moh Dawam 1 dipasang marka lajur berbagi kendaraan (Sharrow Marking) antara sepeda dengan kendaraan bermotor pada dua lajur; dan Jalan Brigjend Katamso dipasang lajur sepeda Tipe C dengan pemisah marka satu arah pada arah utara ke selatan, sedangkan arah selatan ke utara diberikan marka berbagi kendaraan (Sharrow Marking) antara sepeda dengan kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesepeda, SAW (Simple Aditive Weighting), Perangkingan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Nuranisa Dwiodiva Panuluh
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:43
Last Modified: 19 Aug 2024 07:43
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item