MUTAQIN, ADHI IZHAR (2024) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU REM TROMOL DAN CAKRAM BERBASIS RASPBERRY PI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20021032-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (798kB) |
|
Text (BAB 1)
20021032-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2)
20021032-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20021032-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20021032-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20021032-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (77kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021032-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat di tiap tahunnya sebagian besar karena kegagalan pada sistem rem kendaraan. Kampas rem memiliki dua tipe yaitu asbestos dan non asbestos yang memiliki ketahanan panas yang berbeda, panas yang berlebih (over heat) yang dapat menyebabkan berkurangnya koefisien gesek atau biasa di sebut rem blong. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk membuat "Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suhu Rem Tromol dan Cakram Berbasis Raspberry Pi" yang akan di terapkan pada mobil berjenis minibus. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu produk yang baru dan menyempurnakan produk yang sudah di teliti oleh peneliti sebelumnya. Prosedur perancangan "Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suhu Rem Tromol dan Cakram berbasis Raspberry pi" melalui tahapan perancangan alat pada aplikasi fritzing, pemograman python, perakitan dan pengujian alat.Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suhu Rem Tromol dan Cakram Berbasis Raspberry pi" dapat mendeteksi suhu rem tromol dan cakram. Alat akan memberikan peringatan suara buzzer serta secara visual lampu LED merah menyala jika suhu mendekati 90˚C, kemudian hasil pembacaan di tampilkan pada layar LED dan website. Nilai keakuratan sensor pada rem Tromol kiri sebesar 99,32% dan kanan 99,33% sedangkan pada rem cakram kiri 99,32% dan kanan 99,34%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakan kendaraan bermotor, Overheat, Rem blong. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20021032 20021032 |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:13 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:13 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2984 |
Actions (login required)
View Item |