RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAUAN KADAR AIR DAN SUHU DALAM MINYAK REM

PUTERA WIJAYA, ARIA BIMA (2024) RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAUAN KADAR AIR DAN SUHU DALAM MINYAK REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021004-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (949kB)
[img] Text (BAB 1)
20021004-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2)
20021004-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021004-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021004-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021004-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021004-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Data investigasi kecelakaan lalu lintas menunjukkan banyak kecelakaan disebabkan oleh kegagalan fungsi pengereman, yang disebabkan oleh kelalaian perawatan dan rem bekerja terlalu keras hingga suhu sistem pengereman melebihi batas ideal, menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini, di mana suhu rem yang tinggi menyebabkan minyak rem gagal melakukan pengereman, disebut Vapour Lock Vapour lock adalah kegagalan pengereman yang disebabkan oleh adanya gelembung udara di dalam sistem rem hidrolik. Gelembung udara ini muncul karena kandungan air dalam cairan rem menguap pada suhu tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat yang dapat membantu pengemudi memantau kadar air dan nilai suhu dalam cairan rem kendaraan. Penelitian dimulai dengan eksperimen menggunakan sampel cairan rem yang dicampur dengan air pada konsentrasi tertentu (0%, 1%, 2%, 3%, 4%), yang kemudian diberi tegangan 12 volt dan dipanaskan hingga suhu 70°C. Langkah selanjutnya adalah merakit perangkat yang dapat memberitahukan tingkat bahaya kandungan air dalam cairan rem kepada pengemudi. Ini akan dilakukan menggunakan LCD dan LED (Hijau, Kuning, dan Merah). Penelitian ini juga mencakup analisis pengaruh suhu terhadap pengukuran kadar air menggunakan konduktivitas listrik. Pada penelitian ini didapatkan bahwa semakin tinggi nilai kadar air pada minyak rem maka semakin kecil tegangan yang mengalir pada minyak rem tersebut. Sehingga nilai dari hambatan akan semakin kecil seiring dengan meningkatnya kadar air dalam minyak rem tersebut. Pada pengujian alat, dapat dipastikan bahwa alat dapat bekerja dengan baik dan dapat mengukur nilai kadar air dengan presisi yang cukup baik, akan tetapi presisi tersebut menurun seiring dengan meningkatnya suhu dalam minyak rem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: vapour lock, konduktivitas listrik, sistem pemantauan, kadar air, minyak rem
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021004 20021004
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:26
Last Modified: 24 Jul 2024 01:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item