PRATIWI, YUNITA SENJA (2024) ANALISIS PENGARUH PERILAKU U-TURN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN YOS SUDARSO KOTA SURAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011059-SKRIPSI-ABSTRAK (2).pdf Download (620kB) |
|
Text (BAB 1)
20011059-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 2)
20011059-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011059-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011059-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011059-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (73kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011059-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan transportasi yang sering terjadi yaitu kemacetan dan keselamatan. Salah satu lokasi terjadinya permasalahan tersebut yaitu pada simpang. Simpang merupakan tempat terjadinya kemacetan dan konflik. Perilaku putar balik pada simpang sangat sering dijumpai. Simpang yang digunakan sekaligus untuk U-turn akan menambah permasalahan lalu lintas seperti panjang antrian, tundaan dan akan mempengaruhi kecepatan kendaraan serta menambah titik konflik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal yang sekaligus digunakan untuk U-Turn, serta mengetahui rekomendasi yang efektif. Lokasi penelitian di simpang tak bersinyal Jalan Yos Sudarso Kota Surakarta yang pada simpang tersebut terdapat bukaan median yang digunakan sekaligus untuk aktifitas putar balik. Survei yang dilakukan antara lain survei geometrik jalan, survei volume lalu lintas, survei kecepatan dan survei driving behavior. Teknik analisis kinerja lalu lintas yang digunakan adalah permodelan dengan software VISSIM dan SSAM untuk konflik. Hasil dari kinerja eksisting adalah kinerja lalu lintas pada kaki simpang selatan yaitu D sehingga tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal simpang tak bersinyal jalan perkotaan yaitu C. Terdapat skenario untuk mengetahui pengaruh U-Turn pada simpang antara lain, pemberlakuan putar balik khusus roda dua, pemberlakuan putar balik pada salah satu arah, melarang putar balik di simpang dan penutupan bukaan simpang. Dari keempat alternatif tersebut dipilih alternatif ketiga sebagai rekomendasi karena dapat meningkatkan tingkat pelayanan dan keselamatan pada simpang tak bersinyal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | U-Turn, Kinerja Lalu Lintas, Simpang tak Bersinyal, VISSIM, SSAM, Konflik |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Depositing User: | YUNITA SENJA PRATIWI |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 09:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 09:46 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |