EFEKTIVITAS SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA)

AYU, ENSYELA VAYMANAELLA NIKEN (2022) EFEKTIVITAS SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010577-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB 1)
18010577-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2)
18010577-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010577-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010577-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010577-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010577-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penyuluhan dalam meningkatkan pemahaman tentang keselamatan transportasi jalan dengan menggunakan media yang dapat menarik perhatian. Media yag digunakan berupa permainan scrabble yang diubah sistem permainannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas media permainan scrabble saat dilakukanya penyuluhan keselamatan transportasi jalan dalam meningkatkan pemahaman keselamatan trasnportasi jalan pada siswa Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) yaitu di SMK Muhammadiyah Kramat dan SMA Negeri 01 Kramat. Analisis untuk meningkatkan pemahaman menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengolahan data menggunakan uji Normalitas dan Paired Sample T-test yang diolah dalam IBM SPSS Statistik 25.0. Dimana terdapat uji retensi memori siswa yang dilakukan selama 2 mingu dan terdapat uji perubahan sikap yang diujikan menggunakan kuisioner skala sikap. Populasi yang digunakan dalam penelitian berjumlah siswa dan mengahasilkan sampel sebanyak 90 siswa SLTA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes pre-test, post-test dan kuisioner skala sikap) yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis yang telah dilakukan mendapatkan bahwa tingkat pemahaman siswa SLTA sebelum diberikan pembelajaran didapatkan hasil rata-rata untuk siswa SMK 42,6 dan untuk siswa SMA 55,57 Dimana terdapat kenaikan pemahaman setelah diberikan pembelajaran, untuk rata-rata setelah pembelajaran SMK 68,76 dan SMA 71,9 sedangkan untuk perubahan sikap mendapatkan hasil mengalami peningkatan yang diujikan selama jangka waktu 2 minggu. Maka dapat dikatakan bahwa kegiatan penyuluhan keselamatan transportasi jalan efektif dilakukan untuk menambah pemahaman siswa dalam materi keselamatan jalan dan dapat mengubah perilaku siswa terhadap pentingnya keselamatan di jalan. Kata Kunci : Pembelajaran, Media, Scrabble

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, Scrabble
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0577 18.01.0577
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:23
Last Modified: 11 Aug 2022 08:23
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item