EVALUASI LAYANAN BUS TRANS JATIM KORIDOR II (MOJOKERTO-SURABAYA)

ISWAHYUDI, RICKY DWI (2024) EVALUASI LAYANAN BUS TRANS JATIM KORIDOR II (MOJOKERTO-SURABAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011052-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB 1)
20011052-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2)
20011052-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011052-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011052-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011052-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011052-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bus Trans Jatim merupakan angkutan massal yang dikelola langsung oleh pemerintah provinsi melalu Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan perusahaan angkutan umum sebagai operator dengan konsep skema subsidi buy the services berdasarkan formulasi rupiah per kilometer. Namun terdapat komplain dari pengguna Trans Jatim akibat pelayanan yang belum optimal sehingga perlu dilakukannya evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui skema pengelolaan dan kelembagaan Trans Jatim Koridor II, mengevaluasi tingkat pelayanan, menganalisis kinerja operasional, dan memberikan rekomendasi guna meningkatkan pelayanan layanan Trans Jatim Koridor II. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis konjoin dengan alat bantu kuesioner dan IBM SPSS Versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian dengan PP Nomor 4 Tahun 2022 mengenai aturan terkait pemberian subsidi kepada angkutan massal yang seharusnya diatur langsung oleh kepala daerah (gubernur) melalui peraturan gubernur dikarenakan angkutan Trans Jatim ini dikelola langsung oleh provinsi. Beberapa rekomendasi untuk diberikan pelayanan berdasarkan preferensi masyarakat berupa kedatangan dan keberangkatan bus terjadwal, fasilitas AC yang dingin, traif 5.000, desain pintu highdeck, adanya prioritas penumpang khusus, serta adanya informasi gangguan dapat disampaikan secara langsung. Mengacu pada SK Dirjen Nomor 687 Tahun 2002, nilai headway belum sesuai dengan standarnya dengan jam sibuk sebesar 12,2 menit dan diluar jam sibuk sebesar 19,7 menit. Ketidaksesuaian ini akibat pihak operator yang hanya menyanggupi invetasi sejumlah 20 kendaraan dan tidak sanggup menambah armada kembali. Dilakukan perbaikan nilai headway dengan cara penambahan armada yang memenuhi koridor II, pengadaan jadwal keberangkatan dan kedatangan bus eksisting (time table)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan, Subsidi, Kelembagaan, Pelayanan, Headway
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: RICKY DWI ISWAHYUDI
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:16
Last Modified: 16 Jul 2024 02:16
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item