EVALUASI TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) BRT TRANS SEMARANG UNTUK FEEDER 4

AINI, META HARISMA NOR (2022) EVALUASI TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) BRT TRANS SEMARANG UNTUK FEEDER 4. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.02.0234-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (789kB)
[img] Text (BAB 1)
18.02.0234-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 2)
18.02.0234-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.02.0234-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.02.0234-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.02.0234-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.02.0234-SKRIPSI-LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy

Abstract

Transportasi menjadi penunjang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Salah satu sarana transportasi yang mudah didapatkan dan digunakan adalah angkutan umum. Pelayanan angkutan umum dapat beroperasi dengan baik, nyaman dan aman perlu ditunjang oleh tarif yang sesuai. Penentuan besaran tarif angkutan harus mencakup kepentingan penumpang sebagai konsumen dan penyelenggara angkutan umum dengan memperhatikan mutu standar keselamatan dan kemauan atau kemampuan daya beli konsumen yang diperoleh dari perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data studi literatur dan wawancara. Penelitian ini menganalisis biaya operasional kendaraan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Perhubungan nomor 89 Tahun 2002 yang memperhatikan jumlah muat penumpang di lapangan untuk mengevaluasi tarif yang berlaku dan kemudian memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Semarang agar dapat menyeimbangkan antara kepentingan perusahaan angkutan umum dan masyarakat sebagai pengguna jasa. Berdasarkan hasil perhitungan, faktor muat penumpang di lapangan didapatkan sebesar 22,22%. Tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang didapat lebih besar daripada tarif yang ditetapkan untuk Trans Semarang pada Peraturan Walikota Semarang Nomor 17 Tahun 2021 yakni sebesar Rp 3.500 untuk penumpang umum dan Rp 1000 untuk penumpang khusus. Selisih antara tarif yang berlaku dengan tarif perhitungan berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebesar Rp 9.292,78 untuk penumpang umum dan Rp 11.792,78 untuk penumpang khusus. Kata Kunci : Tarif, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Angkutan Umum

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarif, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Angkutan Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: 18.02.0234 18.02.0234
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:05
Last Modified: 16 Aug 2022 08:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item