EVALUASI KINERJA PELAYANAN TRANS ANYUMAS KORIDOR I

HIKMAH, IDA SYIFA (2024) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TRANS ANYUMAS KORIDOR I. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011042-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB 1)
20011042-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 2)
20011042-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011042-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011042-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011042-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (86kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011042-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Angkutan perkotaan di kabupaten Banyumas belum memenuhi tuntutan publik akan sarana transportasi yang baik. Sehingga, pemerintah Kabupaten Banyumas menghadirkan Trans Banyumas guna mewujudkan sistem angkutan umum yang memberikan pelayanan berkualitas. Berdasarkan data PT. Banyumas Raya Transportasi tahun 2023, koridor I memiliki jumlah penumpang yang sepi dibandingkan koridor lain dan load factor rendah. Selain itu, berdasarkan penelitian relevan jarak antar halte pada koridor I relatif masih jauh dan kurang fleksibel. Sehingga diperlukan kajian evaluasi kinerja pelayanan Trans Banyumas Koridor I. Evaluasi kinerja pelayanan Trans Banyumas Koridor I merujuk pada PM Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan. Penelitian menggunakan dua metode yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner pada pengguna Trans Banyumas Koridor I dengan jumlah sampel penumpang sebesar 100 responden. Hasil analisis Kinerja Pelayanan Trans Banyumas pada Koridor I menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) memiliki tingkat kesesuaian sebesar 95,71% dengan kategori puas dan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) memiliki nilai sebesar 79,94% dengan kategori puas. Terdapat 5 indikator yang dominan untuk perbaikan pelayanan meliputi aspek keselamatan, aspek kenyamanan, aspek keterjangkauan, dan aspek kesetaraan. Berdasarkan kajian penelitian, rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan Trans Banyumas Koridor I yaitu meliputi sumber daya manusia, fasilitas di dalam bus, dan fasilitas halte.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Trans Banyumas, Kinerja Pelayanan, Metode Importance Performance Analysis (IPA), Metode Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: IDA SYIFAUL HIKMAH
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:26
Last Modified: 15 Jul 2024 01:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item