ANALISIS KERUSAKAN PADA SISTEM REM FULL AIR BRAKE MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN FTA (STUDI KASUS: PT SAFARI DHARMA SAKTI)

WIBOWO, DANANG ADI (2024) ANALISIS KERUSAKAN PADA SISTEM REM FULL AIR BRAKE MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN FTA (STUDI KASUS: PT SAFARI DHARMA SAKTI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021010-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20021010-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
20021010-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021010-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021010-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021010-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021010-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya penggunaan bus berdampak pada risiko kecelakaan di jalan raya, terutama akibat kegagalan rem. KNKT menilai perlunya menganalisis penyebab dan dampak kerusakan komponen rem untuk panduan program inspeksi. Komponen sistem rem memiliki fungsi yang vital, sehingga setiap bus harus berfungsi dengan baik. Namun, perawatan komponen full air brake pada bus PT Safari Dharma Sakti dengan trayek seputar Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara kurang diperhatikan, karena masih terdapat kerusakan pada komponen yang mengakibatkan pengereman tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, komponen dilakukan perbaikan setelah adanya laporan kerusakan dari pengemudi. Jika suku cadang tidak tersedia, komponen dari bus yang tidak aktif akan digunakan sebagai penggantinya. Hal ini sangat berbahaya jika kerusakan pada sistem rem terjadi saat bus sedang beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis kerusakan komponen kritis dan mengidentifikasi akar penyebab kerusakan komponen kritis menggunakan Metode FMEA dan FTA, sehingga dapat memberikan suatu rekomendasi untuk untuk mengurangi risiko kerusakan dan mengetahui potensi kerusakan pada komponen sistem rem jenis Full Air Brake. Jenis penelitan yang digunakan kualitatif dimana penelitian ini akan mendeskripsikan terkait identifikasi potensi kerusakan, penyabab dan akibat kerusakan pada komponen sistem rem jenis Full air brake. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sepuluh jenis risiko kerusakan dengan nilai RPN tertinggi sebesar 72 yaitu pada komponen kompresor udara dengan jenis kerusakan Ring piston kompresor mengalami keausan. Penyebab dasar terjadinya kerusakan karena faktor manusia yaitu kerusakan sering tidak terdeteksi karena kurangnya kesadaran pengemudi terhadap tanda-tanda kerusakan ringan, kurangnya pemeriksaan rutin dan ketidaktersediaan suku cadang. Faktor mesin yaitu karena kurangnya pelumasan yang memadai, Kebocoran udara ringan yang tidak segera diperbaiki, penumpukan kotoran pada ring piston serta penggunaan oli yang sudah tidak layak. Rekomendasi untuk meningkatkan pemahaman dan mengurangi potensi kerusakan yaitu pemeliharaan preventif berupa Routine Maintenance adengan dibuatnya sistem pemeriksaan yang lebih terarah. Dengan penerapan perawatan preventif yang rutin risiko kegagalan sistem rem dapat diminimalkan dan meningkatkan keselamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kegagalan rem, Rem Udara, FMEA, Risk Priority Number, FTA, Pemeliharaan preventif.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021010 20021010
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:23
Last Modified: 15 Jul 2024 01:23
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item