PARLUKI, ALSHA DEWI (2024) ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN KOTA TRAYEK 1 BOBOTSARI (Studi Kasus : Daerah Industri Rambut di Jalan Ahmad Yani). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011033-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
20011033-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB 2)
20011033-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011033-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011033-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
2011033-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (76kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011033-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan angkutan kota di Kabupaten Purbalingga, khususnya Trayek 1 Bobotsari yang melayani daerah industri rambut di Jalan Ahmad Yani. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurang optimalnya kinerja operasional dan pelayanan angkutan kota, yang seringkali tidak mencukupi kebutuhan karyawan pada jam sibuk, terutama saat pulang kerja. Fokus penelitian ini berada di tiga perusahaan rambut besar : PT Indokores Sahabat, PT Boyang Industrial, dan PT Yuro Mustika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan frekuensi jumlah angkutan kota yang diperlukan untuk memenuhi permintaan karyawan serta untuk mengetahui tingkat pelayanannya. Pengambilan data menggunakan 3 metode, yaitu survei dinamis (dalam kendaraan), survei statis (ruas jalan) dan wawancara penumpang melalui kuisioner. Penelitian dilakukan melalui observasi lapangan yang meliputi survei di jam sibuk pagi (keberangkatan karyawan) dan jam sibuk sore (kepulangan karyawan) serta penyebaran kuesioner pelayanan angkutan kota dengan sampel 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional angkutan kota berada pada kategori sedang-baik secara keseluruhan, namun nilai load factor pada jam sore (Terminal Purbalingga-Terminal Bobotsari) tergolong kurang dengan nilai 108,64%. Dari sisi pelayanan, nilai indeks kepuasan pengguna sebesar 74,74% menunjukkan tingkat kepuasan "puas" berdasarkan kriteria penilaian Customer Satisfaction Index (CSI). Rekomendasi yang diajukan meliputi peningkatan fasilitas di dalam angkutan, seperti kenyamanan dan keamanan, serta penjadwalan kepulangan karyawan di ketiga industri tersebut dengan menghitung kebutuhan angkutan Trayek 1 untuk meningkatkan mobilitas karyawan dan efisiensi operasional. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan penyediaan angkutan kota dan meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Kota, Kinerja Operasional, CSI, Industri Rambut |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | ALSHA DEWI PARLUKI |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:19 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:19 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2741 |
Actions (login required)
View Item |