HERMAWAN, MUHAMMAD REZA (2024) ANALISIS ERGONOMI ANTROPOMETRI KURSI PENGEMUDI 1KR-VE MENGGUNAKAN POSTURE EVALUATION INDEX (PEI) BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20021048-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (997kB) |
|
Text (BAB 1)
20021048-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 2)
20021048-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20021048-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20021048-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20021048-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (67kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021048-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan dunia otomotif di Indonesia semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat khususnya pada kendaraan mobil. Salah satunya adalah program Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2013. Seiring dengan meningkatkan jumlah penjualan mobil Low Cost Green Car (LCGC) dari tahun ke tahun maka pabrikan mobil harus meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam merancang sebuah mobil. Salah satu aspek yang harus diperhatikan yakni kursi pengemudi. Postur pengemudi merupakan salah satu masalah terpenting yang perlu diperhatikan dipertimbangkan dalam proses desain kursi kendaraan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ergonomi kursi pengemudi 1KR-VE sehingga didapatkan kenyamanan dalam berkendara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posture Evaluation Index (PEI). PEI memiliki tujuan untuk menilai dan mengevaluasi tingkat kenyamanan postur tubuh model manusia (manekin) yang disimulasikan pada software Jack. Hasil analisis sudut postur pengemudi menyatakan bahwa sudut torso tidak memenuhi syarat postur pengemudi sehingga belum memperoleh kenyamanan dalam berkendara. Sedangkan sudut neck, shoulder, elbow, wrist, hip, knee, dan ankle sudah memenuhi syarat postur pengemudi sehingga sudah memperoleh kenyamanan dalam berkendara. Hasil simulasi terhadap 30 postur pengemudi didapatkan bahwa nilai PEI terbesar terdapat pada responden ke-18 dengan nilai 2,081. Sedangkan Nilai Posture Evaluation Index (PEI) paling kecil terdapat pada responden ke-25 dengan nilai 1,666. Oleh karena itu, postur pengemudi paling ergonomis terdapat pada responden ke-25. Sedangkan postur tubuh pengemudi kurang ergonomis terdapat pada responden ke-18.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ergonomi, Posture Evaluation Index (PEI), Software Jack, Kursi Pengemudi 1KR-VE |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20021048 20021048 |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 05:44 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 05:44 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
View Item |