PRIAMBUDI, RIO PANDU (2024) RANCANG BANGUN VOLTAGE STABILIZER PADA ACCUMULATOR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR KONVENSIONAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20021053-SKRIPSI-ABSTRACK.pdf Download (592kB) |
|
Text (BAB 1)
20021053-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2)
20021053-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20021053-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20021053-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20021053-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (64kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021053-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
Abstract
Pembakaran yang kurang sempurna sepeda motor konvensional menyebabkan konsumsi bahan bakar berlebih. Belum adanya aturan yang membatasi operasional kendaraan konvensional membuat konsumsi bahan bakar meningkat sedangkan cadangan minyak bumi menurun. Sistem pengapian elektronik baterai pada kendaraan konvensional memanfaatkan arus DC untuk menyuplai sistem pengapian. Pembakaran yang sempurna terjadi saat penyediaan arus menuju sistem pengapian stabil. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk membuat alat penstabil tegangan pada accumulator untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sepeda motor konvensional. Komponen utama penyusun voltage stabilizer adalah electrolytic condenser. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk time series, yaitu pengumpulan data yang dilakukan berulang-ulang sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif statistik yang akan ditampilkan menggunakan tabel dan grafik sebelum disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan voltase sebesar 4% saat kondisi mesin mati dan 5% saat mesin hidup (idle) dari kondisi standar. Selisih konsumsi bahan bakar tertinggi dari penggunaan voltage stabilizer terhadap kondisi standar yaitu 0,59 kg/jam atau 12,2% (Pertalite RON 90) dan 0,7 atau 16,7% (Pertamax Ron 92) pada 7500 rpm. Sedangkan perbadingan penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi terjadi pada bahan bakar Pertamax saat menggunakan voltage stabilizer yaitu 0,76 atau 18% daripada bahan bakar Pertalite pada rpm 7500.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsumsi bahan bakar, Accumulator, Voltage stabilizer, Electrolytic condenser, Pertalite, Pertamax. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20021053 20021053 |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:20 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:20 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2673 |
Actions (login required)
View Item |