SORAH, RIDWAN SETYAWAN EKA ADI (2022) ANALISIS KONSUMSI BATERAI BUS LISTRIK RUTE BLOK M - BALAI KOTA DKI JAKARTA (STUDI KASUS BUS LISTRIK TRANSJAKARTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18.02.0274-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (434kB) |
|
Text (BAB 1)
18.02.0274-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2)
18.02.0274-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18.02.0274-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18.02.0274-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18.02.0274-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (150kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18.02.0274-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bus listrik adalah kendaraan yang dapat menyimpan energi listriknya pada kendaraan itu sendiri atau dapat disuplai terus – menerus dari sumber eksternal, studi kasus pada penelitian ini adalah bus listrik Transjakarta. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi baterai bus listrik antara lain kecepatan, jarak, bobot bus, dan beban penumpang. Berdasarkan uraian tersebut, penulis akan menganalisa konsistensi penggunaan daya baterai bus listrik yang beroperasi pada rute Blok M – Balai Kota dan melakukan perhitungan mengenai perbandingan biaya yang diperlukan untuk konsumsi baterai bus listrik dengan konsumsi bahan bakar bus konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsumsi baterai dan konsumsi energi bus listrik, mengetahui konsistensi penggunaan daya baterai bus listrik, dan mengetahui perbandingan biaya yang diperlukan untuk konsumsi baterai bus listrik dengan konsumsi bahan bakar bus konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipatif. Pengolahan data konsumsi baterai bus listrik selama 20 hari menunjukan rata – rata konsumsi baterai per hari 51% dan rata – rata konsumsi energi per hari 194,04 kWh. Lebih rincinya, rata – rata konsumsi energi per kilometer 1,05 kWh/km dan rata – rata konsumsi energi per jam 12,93 kWh/jam. Hasil analisa pada penelitian ini ditemukan ketidakstabilan konsumsi baterai bus listrik di hari ke – 14, diketahui rata – rata konsumsi baterai bus listrik berkisar antara 0% sampai 5% setiap jamnya, namun di hari ke – 14 pada pukul 08:30 sampai 09:00 konsumsi baterai bus listrik melebihi 5% yaitu mencapai 8% dalam waktu 30 menit. Hasil perhitungan ditemukan perbedaan biaya antara konsumsi baterai dengan konsumsi solar sebesar Rp1.050, dapat disimpulkan bahwa biaya yang diperlukan untuk konsumsi baterai bus listrik lebih irit/murah dibandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk konsumsi solar bus konvensional. Kata kunci: Konsumsi baterai, konsistensi, perbandingan biaya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsumsi baterai, konsistensi, perbandingan biaya |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 18.02.0274 18.02.0274 |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:13 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |