PROTOTYPE ALAT PERINGATAN OPERASIONAL WAKTU MENGEMUDI DAN BATAS KECEPATAN MENGEMUDI BERBASIS ANDROID GUNA KESELAMATAN LALULINTAS

MAADI, FAIQ IZZA (2021) PROTOTYPE ALAT PERINGATAN OPERASIONAL WAKTU MENGEMUDI DAN BATAS KECEPATAN MENGEMUDI BERBASIS ANDROID GUNA KESELAMATAN LALULINTAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020170_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (861kB)
[img] Text (BAB 1)
17020170_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 2)
17020170_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB 3)
17020170_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB 4)
17020170_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BA B 5)
17020170_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (358kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020170_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas tidak hanya menyebabkan kematian dan kerusakan kendaraan bermotor tetapi juga mengakibatkan penyakit yang serius dan kecacatan seumur hidup. Faktor kelalaian manusia menjadi penyebab utama kecelakaan. Kelalaian manusia dapat berupa melanggar peraturan lalu lintas dan rambu - rambu dan pengemudi yang disebabkan pengemudi tidak konsentrasi, mengantuk, kelelahan, menggunakan HP saat mengemudi. Manusia seringkali lalai dengan waktu mengemudi dan kecepatan kendaraan. Umumnya jika dirasa mampu maka akan terus dilanjutkan sampai tujuan dan jika merasa kondisi lalu lintas sepi akan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Durasi mengemudi diatur dalam UU no 22 tahun 2009 dan batas kecepatan kendaraan diatur dalam PM No. 111 tahun 2015.Penelitian ini dibuat untuk mengurangi kecelakaan pada moda transportasi darat yang disebabkan oleh factor manusia. Untuk itu dibuat alat untuk memonitoring pengemudi yang dilakukan oleh perusahaan operator bus. Penelitian menggunakan metode waterfall yaitu untuk proses pembuatan alat secara berurutan kebawah. Melakukan pengumpulan data dengan study pustaka dan observasi. Data penelitian menggunakan data primer (data asli atau data baru) dan data sekunder (data yang diperoleh dari berbagai sumber) serta menentukan alat dn bahan yang akan digunakan dalam penelitian. Pembuatan alat yang meliputi proses pembuatan perangkat keras dan perancangan perangkat lunak . Pembuatan alat ini menggunakan microcontroller yang kompatibel dengan modul wifi serta dengan komponen – komponen yang berperan penting dan terkoneksi dengan android diapliksi bylink. Alat ini bekerja jika roda berputar maka akan menghitung dengan otomatis, selama roda berputar sensor menghitung durasi mengemudi dan kecepatan mengemudi jika pengemudi melebihi batas yang telah ditentukan makan akan muncul peringatan berupa suara oleh buzzer, tampilan pada LCD dan ke android diaplikasi bylink yang terpantau dioperator bus dengan harapan akan ada panggilan kepada kru bus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, operasional mengemudi , android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:03
Last Modified: 14 Dec 2023 01:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item