PERENCANAAN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) BUS MAINTENANCE PLANNING USING THE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

WIJAYA, DEVI INDRI (2021) PERENCANAAN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) BUS MAINTENANCE PLANNING USING THE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020169_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB 1)
17020169_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2)
17020169_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB 3)
17020169_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB 4)
17020169_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB 5)
17020169_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020169_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

Perawatan bus menjadi salah satu faktor pendukung pelaksanaan operasional suatu bus. Bus harus dalam kondisi siap pakai sebelum bus beroprasi, karena itu perlu adanya perencanaan perawatan bus yang terselenggara dengan baik agar keamanan dan kenyamanan bus saat beroprasional dapat terjamin. Perencanaan perawatan bus dengan metode reliability centered maintenance (RCM) di PT Anindya Mitra Internasional (AMI) Transjogja untuk menurunkan tingkat downtime kerusakan komponen bus. Data kerusakan komponen bus dianalisa. Kemudian kegagalan dari suatu komponen yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem diidentifikasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Untuk mengetahui bagian dari sistem yang gagal sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang dan menentukan kegiatan perancangan perawatan yang tepat pada setiap komponen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bus di PT Anindya Mitra Internasional (AMI) Transjogja terdapat interval kerusakan sistem bus yaitu sistem kemudi dengan interval kerusakan waktu sebesar 41,68%. Perlu adanya pemeliharaan dan perawatan bus dengan kebijakan corrective maintenance (CM), pemilihan dilakukan karena kegagalan fungsi komponen dari sistem kemudi yaitu steering gear termasuk pada outage problem berdasarkan nilai RPN tertinggi dari setiap komponen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perawatan, RCM, FMEA, resiko, strategi pemeliharaan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:03
Last Modified: 14 Dec 2023 01:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item