PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN PENERAPAN MARKA YELLOW BOX JUNCTION DI KABUPATEN MAGELANG

AMAL, ERSANDI FACHRUL (2022) PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN PENERAPAN MARKA YELLOW BOX JUNCTION DI KABUPATEN MAGELANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010487-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text (BAB 1)
18010487-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2)
18010487-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010487-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010487-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010487-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010487-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pelanggaran marka yellow box junction. Di usia 16 sampai 18 tahun adalah usia remaja akhir ini biasanya mempunyai sifat egosentrisme di sini adalah ketidakmampuan melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain dan usia ini biasanya dijenjang sekolah SMA/SMK. Misalnya siswa SMA melanggar marka yellow box junction dia berfikir jika tidak akan terjadi masalah padahal jika melanggar akan terjadi kemacetan dan bisa terkena tilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media penyuluhan animasi 2D untuk meningkatkan pemahaman mengenai marka yellow box junction pada siswa SMA/SMK menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design dengan bantuan aplikasi pengolahan data yaitu SPSS. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan animasi 2D sebagai media penyuluhan marka yellow box junction serta untuk mengetahui alur pembuatan animasi 2D tersebut serta digunakannya R&D atau Research and Development untuk melakukan uji validasi media Untuk membuat animasi 2D marka yellow box junction langkah awal dengan membuat storyboard. Setelah itu membuat bahan–bahan untuk membuat animasi yaitu gambar yang dibuat dengan aplikasi coreldraw dan aplikasi adobe illustrator. Setelah untuk penggabungan gambar dan suara serta pergerakan pada animasi menggunakan aplikasi adobe illustrator. Setelah animasi 2D jadi digunakan untuk sosialisasi di 2 sekolahan terdekat dari Persimpangan Tempuran. Dan hasilnya terdapat peningkatan pada postest setelah dilakukan treatmen sosialisai menggunakan media animasi 2D. Untuk peningkatan pengetahuan dari SMK Putra Bangsa dan SMA Muhammadiyah Salaman yaitu diambil dari rata–rata pengetahuan dari kedua sekolahan yaitu dari 58% menjadi 86,5%. Maka dari itu terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 28,5%. Kata Kunci : Marka Yellow Box Junction, Animasi, Sosialisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marka Yellow Box Junction, Animasi, Sosialisasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0487 18.01.0487
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:48
Last Modified: 11 Aug 2022 01:48
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item