ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN UJI DI UPTD PKB TANDES SURABAYA

DWIYANTI, FRANSISCA (2021) ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN UJI DI UPTD PKB TANDES SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010401_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
17010401_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2)
17010401_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB 3)
17010401_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB 4)
17010401_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
17010401_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010401_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya memiliki jumlah kendaraan yang di uji rata-rata perhari sebanyak 456 kendaraan. Pada saat hari tertentu kebutuhan ruang parkir yang cukup sangat diperlukan untuk menampung kendaraan parkir dengan kapasitas yang memadai dan merupakan pelayanan bagi pengendara. Permintaan ruang parkir di UPTD PKB Tandes pada saat hari puncak menjadi bermasalah ketika permintaan yang ada lebih besar dari kapasitas ruang parkir yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas kebutuhan ruang parkir di UPTD PKB Tandes Kota Surabaya. Data yang diperlukan berupa data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan untuk menganilisis hasil penelitian ini menggunakan metode analisis analisis karakteristik parkir dari Hoobs (1995), satuan ruang parkir dari Dirjen Perhubungan Darat 1996 dan menggunakan rumus pendekatan Z dari Munawar (2004) serta metode selisih akumulasih terbesar dari Tamin (2008). Data yang didapat dari hasil survei dimasukkan dalam tabel, kemudian menggunakan program Microsoft Excel data tersebut diolah dengan mencatat kendaraan yang masuk dan kendaraan yang keluar sehingga diperoleh jumlah kendaraan yang masuk, keluar, serta lama kendaraan parkir. Dari data tersebut digunakan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir. Analisis dilakukan dengan menghitung nilai kapasitas statis, kapasitas dinamis dan akumulasi parkir maksimum. Hasil dari analisis kebutuhan ruang parkir di UPTD PKB Tandes menunjukkan bahwa kapasitas statis ruang parkir off street pada saat hari puncak mampu memenuhi kebutuhan ruang parkir menurut perhitungan rumus pendekatan Z. Dengan menggunakan metode selisih akumulasi terbesar, jumlah kapasitas statis tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang masuk pada pukul 08.31-09.30. Kebutuhan ruang parkir tambahan untuk tiap lokasi parkir sebanyak 24 SRP dan kebutuhan lahan parkir sebesar 975.04 m2

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, Kebutuhan, Parkir, Kendaraan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:01
Last Modified: 22 Nov 2023 08:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item