HUTAGALUNG, MAHER KELVIN PRATAMA (2023) SISTEM PENGGANTIAN BAN PADA BUS LOW ENTRY DENGAN METODE AGE REPLACEMENT (STUDI KASUS : TRANSJAKARTA RUTE SENEN – TANAH ABANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19020325-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (702kB) |
|
Text (BAB 1)
19020325-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 2)
19020325-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19020325-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19020325-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19020325-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (260kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19020325-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Transjakarta merupakan perusahaan milik Pemerintah Daerah Ibu Kota Jakarta berbasis Bus Rapid Transit (BRT) dan Non Bus Rapid Transit (Non BRT). Selama beroperasi bus Transjakarta masih sering mengalami kendala salah satu penyebabnya adalah karena faktor ban, karena ban merupakan komponen yang sering mengalami kerusakan karena bersentuhan langsung dengan jalan. Maka dari itu ban menjadi komponen yang penting untuk digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jadwal penggantian ban pada bus Low Entry (Non BRT) PT. Transjakarta berdasarkan perhitungan hari, mengetahui perencanaan biaya berdasarkan perhitungan hari yang dikeluarkan PT. Transjakarta selama 1 tahun, dan mengetahui cara pramudi terkait mengemudikan kendaraan agar penggunaan ban lebih efisien. Metode Age Replacement merupakan metode yang bertujuan untuk merencanakan penggantian komponen berdasarkan interval waktu penggunaan komponen, komponen dalam penelitian ini adalah ban pada bus Low Entry. Dalam metode ini ada beberapa pola distribusi yang digunakan, dan tahap – tahap perhitungan yang dilakukan dimulai dari perhitungan Time To Failure (TTF), Mean Time To Failure (MTTF) sampai didapatkan waktu penggantian terbaik, kemudian perhitungan Reliability. Setelah perhitungan hari ditemukan, dilanjutkan ke tahap perencanaan biaya penggantian ban selama 1 tahun. Dan pengumpulan data terkait pramudi menggunakan kuisioner. Dari perhitungan yang telah dilakukan, didapat waktu penggantian ban terbaik adalah 3144 jam atau 131 hari. Perencanaan biaya tiap bus selama 1 tahun adalah sebesar Rp. 19.200.000,- dengan biaya yang didapat berdasarkan waktu penggantian ban yang sudah dapat dihitung yakni sebesar Rp. 57.600.000,- selama 1 tahun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ban, Penggantian, Age Replacement |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 19.02.0325 19.02.0325 |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 01:24 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:24 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1851 |
Actions (login required)
View Item |