EVALUASI PERILAKU PENGEMUDI DARI JALAN MINOR MENUJU JALAN MAYOR DI KOTA SEMARANG

ARAMITA, BELLATRIX ANYA (2022) EVALUASI PERILAKU PENGEMUDI DARI JALAN MINOR MENUJU JALAN MAYOR DI KOTA SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010481_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 1)
18010481_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2)
18010481_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010481_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010481_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010481_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (390kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010481_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu perilaku pengemudi agresif adalah pengemudi yang langsung menerobos ketika melewati simpang tak bersinyal. Penelitian yang dilakukan oleh Suwarto, Hartono, dan Lukman menghasilkan kesimpulan bahwa perilaku pengemudi agresif tersebut masuk dalam peringkat 6 dari 28 peringkat pada remaja di Kota Semarang. Untuk mengevaluasi bentuk perilaku tersebut maka diperlukan penelitian lanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman pengemudi tentang tata cara melintasi simpang tak bersinyal dari jalan minor menuju jalan mayor, mengeksplorasi penyebab pelanggaran pengemudi ketika melintasi simpang tak bersinyal, mengkorelasikan faktor kognitif dan afektif terhadap perilaku pengemudi di simpang tak bersinyal. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara yang diolah menggunakan teori Milles Huberman, kuesioner yang diolah menggunakan analisis regresi linier berganda, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman pengemudi tentang perilaku berlalu lintas dari jalan minor ke mayor sudah cukup baik namun pada pengamatan terdapat 65% pengemudi tidak berperilaku sesuai dengan pemahamannya. Variabel kognitif dan afektif memiliki pengaruh positif dengan perilaku pengemudi. Selain itu penyebab pelanggaran karena dari diri pengemudi sendiri seperti malas menghentikan kendaraan dan merasa bahwa dirinya aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perilaku pengemudi, jalan minor, jalan mayor, simpang tak bersinyal, kognitif, afektif
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: 18.01.0481 18.01.0481
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:40
Last Modified: 09 Aug 2022 07:40
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item