PUJAWATI, EGGY RINDU (2023) PENERAPAN METODE REABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA PERAWATAN BUS PT. MAYA GAPURA INTAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19020319-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
|
Text (BAB 1)
19020319-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2)
19020319-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19020319-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19020319-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19020319-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (98kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19020319-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perawatan bus menjadi salah satu faktor pendukung pelaksanaan operasional suatu bus. Bus harus dalam kondisi siap pakai sebelum bus beroperasi, karena itu perlu adanya perencanaan perawatan bus yang terselenggara dengan baik agar keamanan dan kenyamanan bus saat beroperasi dapat terjamin. Perencanaan perawatan bus dengan metode reliability centered maintenance (RCM) di PT Maya Gapura Intan (MGI) untuk menurunkan tingkat downtime kerusakan komponen bus. Data kerusakan komponen bus di analisa. Kemudian kegagalan dari suatu komponen yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem diidentifikasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Untuk mengetahui bagian dari sistem yang gagal sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang dan menentukan kegiatan perancangan perawatan yang tepat pada setiap komponen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bus di PT Maya Gapura Intan (MGI) terdapat interval kerusakan sistem bus yaitu sistem rem dengan interval kerusakan waktu sebesar 69,87%. Perlu adanya pemeliharaan dan perawatan bus dengan kebijakan corrective maintenance (CM), pemilihan dilakukan karena kegagalan fungsi komponen dari sistem rem yaitu kampas rem termasuk pada kategori A (safety problem) kategori B (outage problem) berdasarkan nilai RPN tertinggi dari setiap komponen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perawatan, RCM, FMEA, Resiko, Tindakan Pemeliharaan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 19.02.0319 19.02.0319 |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 02:04 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:04 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |