ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNA JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG DI KOTA TEGAL

NURUNNISA, ITSNA (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNA JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAk)
18010525-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 1)
18010525-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (558kB)
[img] Text (BAB 2)
18010525-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010525-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010525-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010525-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010525-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa kasus kecelakaan di perlintasan sebidang memang murni akibat pelanggaran pengendara kendaraan motor, roda empat dan pengendara lainnya. Pelanggaran yang dilakukan pengendara mayoritas menerobos pintu palang, mengambil dua lajur sehingga membuat arus lalu lintas menjadi tersendat ketika palang pintu kembali dibuka, melanggar batas palang perlintasan yang sudah tertutup dengan berhenti di area luar batas palang perlintasan dan pengendara tidak mengikuti arahan dari petugas lintas sebidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna jalan pada perlintasan sebidang dan memberi rekomendasi untuk mengurangi potensi bahaya kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan regresi linear berganda yang meliputi uji validitas dan uji realibilitas dan selanjutnya uji regresi berganda yang meliputi uji t, uji f dan uji koefisien determinasi parsial. Berdasarkan hasil uji regresi maka diperoleh masing-masing t hitung > t tabel yaitu faktor usia dengan uji t sebesar t hitung 3,112 > t tabel 0,122 , jenis kelamin dengan t hitung 2,424 > t tabel 0,122 , pengalaman dengan t hitung 2,973 > t tabel 0,122, ketersediaan fasilitas dengan t hitung 3,131 > t tabel 0,122 dan peraturan dan hukum dengan t hitung 2,113 > t tabel 0,122. Dan berdasarkan uji f kelima faktor diatas dengan f hitung > f tabel yaitu 4,423 > 1,89 maka dengan demikian bahwa usia, jenis kelamin, pengalaman, ketersediaan fasilitas, peraturan dan hukum berpengaruh terhadap perilaku pengguna jalan pada perlintasan sebidang di Kota Tegal. Kata kunci : faktor perilaku, regresi linear berganda, perlintasan sebidang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: faktor perilaku,regresi linear berganda,perlintasan sebidang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0525 18.01.0525
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:50
Last Modified: 23 Feb 2023 02:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item