ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN TRANS BANYUMAS DAN GO-JEK

AJI, BAGAS SUKMOYO (2023) ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN TRANS BANYUMAS DAN GO-JEK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010595-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (701kB)
[img] Text (BAB 1)
19010595-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2)
19010595-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010595-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010595-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010595-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010595-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Karakteristik penumpang sangat mempengaruhi penumpang dalam penentu faktor keputusan konsumen terhadap transportasi konvensional dan transportasi online. Responden diambil dari mahasiswa/mahasiswi UNSOED. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentu keputusan konsumen terhadap pemilihan jasa layanan transportasi konvensional maupun transportasi online. Pengolahan data menggunakan analisisi dengan bantunan program SmartPLS 3.0. Maka perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang analisis faktor yang menjadi penentu keputusan penumpang jasa layanan transportasi baik konvensional maupun online di Kota Purwokerto. Responden diambil masing-masing transportasi konvensional maupun online sebesar 100 responden. Dari hasil penyebaran kuesioner diketahui karakteristik responden mahasiswa/mahasiswi UNSOED yaitu 145 responden berjenis kelamin perempuan, 146 responden rata-rata berusia 22-24 tahun, 115 responden sedang menjalani semester 7-8, 137 responden memiliki kendaraan pribadi,104 responden dengan uang saku 2-3 juta, 113 responden menggunakan angkutan untuk keperluan lain. Hasil SEM PLS dari nilai pengaruh total; transportasi online (y) memiliki pengaruh terhadap faktor harga (x1) 0.506, keamanan (x2) 0.488, kemudahanan akses (x3) 0.448, dan kenyamanan (x4) 0.470. Serta pada transportasi konvensional (y) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap faktor harga (x1) 0.319, keamanan (x2) 0.299, kemudahanan akses (x3) 0.331 dan kenyamanan (x4) 0.308. Sehingga variabel yang signifikan yaitu harga online untuk angkutan online dan Kemudahan akses konvensional dan angkutan konvensional. Dapat dilihat dari nilai SEM PLS transportasi online yang paling berpengaruh yaitu harga evaluasi yang diharapkan konsumen yaitu harga berbanding lurus dengan fasilitas yang diberikan. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap transportasi konvensional adalah kemudahan akses evaluasi yang diharapkan yaitu penambahan shellter/halte bus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik penumpang sangat mempengaruhi penumpang dalam penentu faktor keputusan konsumen terhadap transportasi konvensional dan transportasi online. Responden diambil dari mahasiswa/mahasiswi UNSOED. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentu keputusan konsumen terhadap pemilihan jasa layanan transportasi konvensional maupun transportasi online. Pengolahan data menggunakan analisisi dengan bantunan program SmartPLS 3.0. Maka perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang analisis faktor yang menjadi penentu keputusan penumpang jasa layanan transportasi baik konvensional maupun online di Kota Purwokerto. Responden diambil masing-masing transportasi konvensional maupun online sebesar 100 responden. Dari hasil penyebaran kuesioner diketahui karakteristik responden mahasiswa/mahasiswi UNSOED yaitu 145 responden berjenis kelamin perempuan, 146 responden rata-rata berusia 22-24 tahun, 115 responden sedang menjalani semester 7-8, 137 responden memiliki kendaraan pribadi,104 responden dengan uang saku 2-3 juta, 113 responden menggunakan angkutan untuk keperluan lain. Hasil SEM PLS dari nilai pengaruh total; transportasi online (y) memiliki pengaruh terhadap faktor harga (x1) 0.506, keamanan (x2) 0.488, kemudahanan akses (x3) 0.448, dan kenyamanan (x4) 0.470. Serta pada transportasi konvensional (y) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap faktor harga (x1) 0.319, keamanan (x2) 0.299, kemudahanan akses (x3) 0.331 dan kenyamanan (x4) 0.308. Sehingga variabel yang signifikan yaitu harga online untuk angkutan online dan Kemudahan akses konvensional dan angkutan konvensional. Dapat dilihat dari nilai SEM PLS transportasi online yang paling berpengaruh yaitu harga evaluasi yang diharapkan konsumen yaitu harga berbanding lurus dengan fasilitas yang diberikan. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap transportasi konvensional adalah kemudahan akses evaluasi yang diharapkan yaitu penambahan shellter/halte bus
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0595 19.01.0595
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:11
Last Modified: 14 Aug 2023 02:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item