RANCANG BANGUN MEDIA FLASH CARD BERBASIS AUGMANTED REALITY TENTANG MARKA UNTUK SISWA SD KELAS 6

AZZAHRA, SHAFIRA EKSA (2023) RANCANG BANGUN MEDIA FLASH CARD BERBASIS AUGMANTED REALITY TENTANG MARKA UNTUK SISWA SD KELAS 6. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010680-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB 1)
19010680-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2)
19010680-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010680-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010680-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010680-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010680-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Supaya kecelakaan berkurang maka pengguna jalan harus mempunyai kesadaran yang tinggi dengan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait keselamatan lalu lintas sosialisasi agar siswa tersebut dapat mengerti tentang keselamatan berlalu lintas sehingga nantinya saat mereka berkendara sendiri mereka dapat berkendara dengan baik dan aman. Alat bantu yang digunakan dalam penyuluhan adalah media pembelajaran. media penyuluhan pada umumnya masih bersifat memaksakan yaitu tampilannya menciptakan kesan kaku karena segala elemen desain dimasukkan dan terlihat membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah model N.J Manson yang meliputi lima tahapan, diantaranya tahapan menyadari adanya masalah (awareness of problem), memberi saran (suggestion), mengembangkan produk (development), melakukan evaluasi (evaluation), dan menyimpulkan (conclusion) untuk membangun media flash card berbasis augmanted reality. Berisi tentang marka jalan dan digunakan oleh siswa SD. Sampel penelitian yang digunakan adalah 33 siswa SDN Kota Baru kelas VI Kota Bekasi. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran flash card berbasis augmanted reality yang berisi tentang marka jalan. Flash card berbasis augmanted reality uji tingkat pemahaman menggunakan N-Gain Score memperoleh hasil 0,85 maka terjadi peningkatan yang signifikan sebagai media penyuluhan keselamatan berlalu lintas termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Flash Card, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Marka Jalan, Anak SD.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Shafira Eksa Azzahra
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:34
Last Modified: 09 Aug 2023 01:34
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item