MUTAQIFAH, ELQI NUR (2023) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DAN TARIF ANGKUTAN UMUM (MPU) PADA TRAYEK 02 DAN TRAYEK 07 KOTA SERANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19.01.0601-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
19.01.0601-SKRIPSI-BAB_I.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB III)
19.01.0601-SKRIPSI-BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
19.01.0601-SKRIPSI-BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
19.01.0601-SKRIPSI-BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
19.01.0601-SKRIPSI-BAB_V.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19.01.0601-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Angkutan umum di Kota Serang khususnya trayek 02 dan trayek 07 kurang memadai dalam hal memberikan pelayanan transportasi. Biaya tarif angkutan yang dibayar masyarakat tidak sesuai dengan PERWAL Kota Serang No. 82 tahun 2022. Perlu dilakukan kajian penelitian untuk menganalisis kinerja operasional, menganalisis jumlah kebutuhan armada, dan menganalisis tarif angkutan perkotaan berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan.Hasil analisis kinerja operasional menunjukan faktor muat trayek 02 sebesar 20,75% dan trayek 07 sebesar 23,75%. Waktu antara trayek 07 terjadi selama 51,45 menit. Hasil analisis jumlah kebutuhan armada untuk trayek 02 Kota Serang mengusulkan pengurangan jumlah armada menjadi sebesar 24 armada dan penambahan jumlah armada menjadi sebesar 40 armada.Pada trayek 07 dibutuhkan pengurangan armada menjadi sebesar 2 armada dan penambahan jumlah armada menjadi 14 armada. Setelah dilakukan perhitungan biaya operasional kendaraan dan tarif maka tarif angkutan berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan sebesar Rp 5.499,53,- untuk trayek 02 dan Rp. 5.957,25,- untuk trayek 07. Upaya penanganan yang dapat dilakukan yaitu melakukan peremajaan kendaraan untuk meningkatkan load factor yang masih rendah, mengurangi jumlah armada yang beroperasi maupun izin trayek pada trayek 02 sebesar 24 armada dan trayek 07 sebesar 2 armada sehingga meningkatkan faktor muat mencapai 70% (faktor muat dinamis), Penambahan armada yang beroperasi sebesar 40 armada untuk mengurangi waktu headway trayek 02 menjadi 5,55 menit, menambah jumlah armada yang beroperasi menjadi sebesar 14 armada untuk mengurangi waktu headway trayek 07 menjadi 6,8 menit, Menyesuaikan tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Kota, Kinerja Operasional, Biaya Operasional Kendaraan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | ELQI NUR MUTAQIFAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:40 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1592 |
Actions (login required)
View Item |