ANALISIS KESESUAIAN DAYA ANGKUT DAN DAYA MESIN PADA KENDARAAN GANDENGAN DAN TEMPELAN

JATI, PUSPITA BUANA SURYA TUNGGAL (2023) ANALISIS KESESUAIAN DAYA ANGKUT DAN DAYA MESIN PADA KENDARAAN GANDENGAN DAN TEMPELAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010640-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 1)
19010640-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 2)
19010640-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010640-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010640-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010640-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010640-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan gandengan dan tempelan sering terjadi karena tidak kuat menanjak saat di tanjakan, jalannya lambat membuat macet lalu lintas dan jalan cepat rusak. Hal ini disebabkan konfigurasi sumbu, daya angkut dan daya mesin yang tidak sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting konfigurasi sumbu kendaran gandengan dan tempelan, menganalisis kesesuaian daya mesin dan daya angkut serta mengetahui kesesuaian rancang bangun dan uji berkala kendaraan gandengan dan tempelan terkait konfigurasi sumbu dan daya angkut. Lokasi penelitian yaitu di Rest Area Jalan Tol Semarang – Batang. Sampel penelitian ini sebanyak 100 kendaraan yang meliputi kendaraan gandengan dan tempelan. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan daya angkut dan Power Weight Ratio. Terdapat beberapa konfigurasi sumbu kendaraan gandengan yang tidak sesuai yaitu sumbu 11.2+22. Sedangkan kendaraan tempelan didominasi sumbu yang melanggar peraturan yaitu sumbu 1.2-222. Selain itu banyak di temui daya mesin kendaraan tidak sesuai untuk menarik JBKB dan banyak di temui JBKI (daya angkut) yang melebihi JBKI maksimal. Terdapat jenis ban berbeda-beda yang digunakan dan karoseri juga membuat jenis sumbu tempelan -11. Proses uji berkala, ditemui kendaraan tempelan yang di uji dengan konfigurasi sumbu tidak sesuai dengan peraturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Gandengan, Kendaraan Tempelan, Konfigurasi Sumbu, Daya Angkut, Daya Mesin (PWR).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0640 19.01.0640
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:12
Last Modified: 03 Aug 2023 01:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item