DESAIN FASILITAS PEJALAN KAKI PADA JALAN K.H. ABDUL LATIF KOTA SERANG

ANINDHITA, RAMA FAUZI (2023) DESAIN FASILITAS PEJALAN KAKI PADA JALAN K.H. ABDUL LATIF KOTA SERANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.01.0643-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1)
19.01.0643-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 2)
19.01.0643-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.01.0643-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.01.0643-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.01.0643-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (366kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.01.0643-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy

Abstract

Berjalan kaki adalah aktivitas transportasi dasar karena setiap pergerakan transportasi diawali dan diakhiri dengan berjalan kaki. Berjalan kaki membutuhkan prasarana untuk menunjang keamanan dan keselamatan pejalan kaki untuk mengurangi resiko konflik dengan pengguna kendaraan. Pasar Induk Rau merupakan salah satu pasar di Kota Serang. Pasar Induk Rau tiap harinya ramai banyak pengunjung Pasar Induk Rau yang menyusuri dan menyeberang jalan akan tetapi belum tersedianya fasilitas pejalan kaki yang memadai. Resiko terhadap tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki menjadi tinggi, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi eksisting, kebutuhan fasilitas pejalan kaki, dan tingkat kepuasan dan kepentingan fasilitas pejalan kaki, yang selanjutnya akan diberikan rekomendasi berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Dalam menentukan kebutuhan fasilitas pejalan kaki menggunakan teknik triangulasi berdasar pada analisis kondisi eksisting , metode CSI dan IPA untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan fasilitas pejalan kaki. Hasil analisis kondisi eksisting menyatakan bahwa tingkat pelayanan pejalan kaki sisi timur dan barat adalah C artinya dapat bergerak dengan arus searah dengan normal namun relatif lambat karena keterbatasan ruang antar pejalan kaki. Sementara itu dari hasil analisis kepuasan menggunakan metode CSI diketahui bahwa tingkat kepuasan pejalan kaki di Jalan K.H. Abdul Latif masih buruk dengan presentase 39,74%. Analisis metode IPA menghasilkan 7 indikator yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun kepuasannya rendah yaitu ketersediaan trotoar yang memadai, lebar trotoar yang memudahkan pergerakan, tersedianya jalur khusus disabilitas, ketersediaan fasilitas penyeberangan yang memadai, trotoar bebas dari pedagang kaki lima dan parkir, kondisi permukaan trotoar (tidak berlubang, rusak, dan sebagainya) dan fasilitas pendukung keselamatan (rambu,marka) sehingga diperlukan perbaikan. Usulan perbaikan fasilitas pejalan kaki antara lain pelebaran trotoar, perbaikan kondisi permukaan trotoar, penertiban pedagang kaki lima dan parkir, jalur disabilitas, perambuan dan fasilitas penyeberangan yang sesuai dengan kebutuhan (zebra cross).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan, Metode CSI & IPA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: 19.01.0643 19.01.0643
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:48
Last Modified: 31 Jul 2023 02:48
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item