RAHMAWATI, RAGIL KURNIA (2021) ANALISIS PENILAIAN RISIKO KESELAMATAN TEMPAT PENYEBERANGAN PEJALAN KAKI PADA RUAS JALAN PALUR – KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010384-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 1)
17010384-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2)
17010384-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text (BAB 3)
17010384-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text (BAB 4)
17010384-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB 5)
17010384-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010384-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Abstract
Berjalan kaki merupakan sebuah kegiatan transportasi yang cukup esensial serta memberikan manfaat kesehatan dan lingkungan yang dilakukan oleh pejalan kaki. Disisi lain keselamatan pejalan kaki menjadi faktor utama bagi pejalan kaki pada saat berada di fasilitas pejalan kaki. Penilaian risiko keselamatan fasilitas penyeberangan pejalan kaki merupakan serangkaian tindakan yang bertujuan untuk mengurangi adanya potensi bahaya yang terjadi pada fasilitas penyeberangan pejalan kaki. Salah satunya terdapat di tempat penyeberangan pejalan kaki sepanjang ruas jalan Palur – Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi yaitu sebuah metode untuk menilai infrastruktur penyeberangan pejalan kaki dalam hal keselamatan. Metode ini melibatkan pengamatan terkait infrastruktur dan lingkungan serta pengukuran perilaku kendaraan melalui tahapan mengetahui indikator risiko, memberikan penilaian dan perhitungan total faktor risiko serta pengendalian risiko. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penilaian risiko 6 tempat penyeberangan pejalan kaki di ruas jalan Palur – Karanganyar dengan nilai risiko tertinggi yaitu 18,75 pada tempat penyeberangan pejalan kaki KM 7,6 dengan kategori bahaya memiliki tingkat risiko yang berbahaya bagi penggunanya. Perlu penanganan teknis secara total dengan steakholder terkait dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan Provinsi yang menangani jalan berstatus provinsi maksimal 2 (dua) minggu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Risiko keselamatan, Tempat penyeberangan pejalan kaki, Metode eksplorasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:45 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:45 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1346 |
Actions (login required)
View Item |