EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR MELALUI PERUBAHAN TATA LETAK ALAT UJI (STUDI KASUS UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR CILINCING JAKARTA UTARA)

RAHMAWATI, NISA (2020) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR MELALUI PERUBAHAN TATA LETAK ALAT UJI (STUDI KASUS UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR CILINCING JAKARTA UTARA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030414-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text (BAB 1)
17030414-KKW-BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 2)
17030414-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB 3)
17030414-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB 4)
17030414-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17030414-KKW-BAB 5.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030414-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Cilincing, Jakarta Utara memiliki 3 lajur. Tata letak alat pengujian kendaraan bermotor di lajur 3 berbeda dengan lajur 1 dan 2. Perbedaan terlihat pada tata letak alat dan jarak antar alat. Pada penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan observasi secara langsung dengan menghitung waktu pengujian sebuah kendaraan yang memiliki tipe yang sama yaitu tractor head atau kepala tempelan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan sebanyak 30 kendaraan di lajur 3 dan 30 kendaraan dilajur 2, kemudian diolah data dengan menggunakan uji t independent dalam aplikasi SPSS dan FIFO. Hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan tata letak alat uji dan perbedaan jarak berpengaruh terhadap pelayanan dari segi waktu. Tata letak alat uji di lajur 2 lebih cepat daripada lajur 3. Sehingga Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Cilincing Jakarta Utara bisa mendesain ulang tata letak alat pada lajur 3 atau jika ada penambahan lajur lagi menggunakan tata letak alat pada lajur 2 karena lebih optimal dalam pelayanan segi waktu. Serta berpedoman pada metode FIFO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: pengujian kendaraan bermotor, lajur,tata letak, alat pengujian,pelayanan waktu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:32
Last Modified: 14 Jun 2023 07:32
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item