PENGUKURAN PENYIMPANGAN KINCUP RODA DEPAN DENGAN SIDE SLIP TESTER, DIAL GAUGE DAN ROAD TEST

PAMBUDI, FAKHRUL FAJAR (2020) PENGUKURAN PENYIMPANGAN KINCUP RODA DEPAN DENGAN SIDE SLIP TESTER, DIAL GAUGE DAN ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030401-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1)
17030401-KKW-BAB 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 2)
17030401-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB 3)
17030401-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB 4)
17030401-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB 5)
17030401-KKW-BAB 5.pdf

Download (81kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030401-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)

Abstract

Front wheel alignment adalah komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor, apabila saat dilakukan uji side slip ternyata alat uji tersebut mengalami error, maka perlu melakukan alternatif dalam melakukan pengukuran penyimpangan kincup roda depan, supaya pengujian side slip masih dapat berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengukuran kincup roda depan dengan pengukuran manual yaitu menggunakan dial gauge dan road test untuk dijadikan sebagai alternatif dalam pengujian side slip apabila alat mengalami error. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian komparatif, yaitu perbandingan. Penelitian ini juga menggunakan metode kuntitatif. Metode ini juga disebut metode konfirmatif, karena metode ini cocok digunakan untuk pembuktian/konfirmasi. Dengan metode kuantitatif akan diperoleh signifikasi perbedaan kelompok atau signifikasi hubungan antar variabel yang diteliti, yaitu dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel. Berdasarkan hasil penelitian, nilai selisih rata-rata pengukuran side slip dengan dial gauge adalah 0.416 mm dan hasil uji Independent Sampel T-Test nilai t-hitung (1.4732967) lebih kecil dari nilai t-tabel (2.048407115), sedangkan nilai selisih rata-rata pengukuran side slip dengan road test adalah 3,672 mm dan hasil uji Independent Sampel T-Test nilai t-hitung (28.27561906) lebih besar dari nilai t�tabel (2.048407115). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengukuran menggunakan dial gauge lebih akurat dari pada pengukuran secara road test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: front wheel alignment, side slip tester, dial gauge, road test
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:53
Last Modified: 13 Jun 2023 00:53
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item