NURHUDA, MOHAMMAD YUZRIL (2021) PERANCANGAN KONSEP TOD PADA JALAN LINGKAR UTARA BREBES-TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010379-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 1)
17010379-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 2)
17010379-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17010379-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17010379-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17010379-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (58kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010379-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) | Request a copy |
Abstract
Pembangunan jaringan jalan baru atau yang biasa disebut jalan lingkar bisa menjadi solusi pemecah dari kepadatan lalu lintas yang terjadi di Pusat Kota. Namun dalam pembangunan jalan lingkar Brebes-Tegal juga nantinya akan dijadikan pengembangan wilayah di Kabupaten Brebes. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari tujuan pembangunan jalan lingkar ini sudah terbantukan dengan adanya pembangunan jalan tol yang sudah beroperasi sebelum jalan lingkar Brebes-Tegal selesai proses pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ruas jalan lingkar utara Brebes-Tegal yang berkonsep TOD guna mendukung perkembangan wilayah pada kabupaten Brebes. Dalam penelitian ini dilakukan observasi pada Jalan Pantura dan Jalan Tol untuk mengetahui jumlah volume kendaraan yang sudah teralihkan dari Jalan Pantura ke Jalan Tol. Analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja lalu lintas ruas Jalan Pantura dan Jalan Lingkar Utara Brebes-Tegal adalah dengan mengguanakan MKJI 1997. Dalam analisis perencanaan desain ruas berkonsep TOD menggunakan software Autocad 2017 dan SketchUp 2017. Kinerja pantura eksisting sebelum jalan lingkar beroperasi berdasarkan perhitungan MKJI 1997 didapatkan tingkat pelayanan B dengan V/C ratio pada arah ke Cirebon 0,32 smp/jam dan pada arah ke Tegal 0,34 smp/jam. Perbandingan volume kendaraan yang sudah teralihkan dari jalan pantura ke jalan tol yaitu sebesar 86% ke jalan tol dengan volume kendaraan 55.362 smp/12jam dan 14% volume jalan pantura dengan volume kendaraan 8.981 smp/12jam. Perencanaan konsep TOD pada jalan lingkar utara Brebes-Tegal di kawasan peruntukan industri dirancang dengan integrasi yang baik antar perlengkapan dan fasilitas jalan dengan pedestrian dan juga integrasi dari bangunan ke fungsi-fungsi bangunan yang lainnya. Kata Kunci : Jalan, Kinerja Ruas, Volume, Pengembangan Wilayah, TOD, Perancangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan, Kinerja Ruas, Volume, Pengembangan Wilayah, TOD, Perancangan |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:33 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/699 |
Actions (login required)
View Item |