JODHIPATI, ARIA (2021) ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS JALUR PEJALAN KAKI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010363-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB 1)
17010363-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 2)
17010363-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17010363-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17010363-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17010363-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (406kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010363-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan dalam berbagai bidang membuat Kota Manado memiliki aktivitas perjalanan dan jumlah kendaraan pribadi yang tinggi sehingga mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan dengan banyak kerugian yang menjadi resiko dari setiap pengguna jalan. Beberapa upaya telah coba dilakukan oleh pemerintah dan instansi yang terkait untuk mengatasi kemacetan namun belum sepenuhnya dapat mengurai kemacetan. Karena itu pengendalian tarif parkir merupakan salah satu solusi yang diharapkan dapat memberi manfaat berupa pengaruh untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mengatasi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna kendaraan pribadi dan berapa tarif parkir optimal yang mengakibatkan pengguna kendaraan pribadi di Kota Manado akan berpindah ke moda transportasi angkutan kota atau pun ankutan umum berbasis online (taksi online), serta berapa banyak pengguna kendaraan pribadi yang akan mengubah moda transportasi akibat kenaikan tarif parkir. Penelitian ini menggunakan teknik Stated Preference, dengan metode binomial logit. Data yang berhasil dikumpulkan dari penyebaran kuesioner kepada 300 resonden adalah karakteristik pelaku perjalanan, meliputi kondisi sosio-ekonomi, dengan faktor-faktor seperti: biaya perjalanan, biaya parkir per jam, waktu tunggu, waktu tempuh, kenyamanan dan keamanan, dan waktu jalan kaki. Selain karakteristik responden hasil penelitian ini menunjukkan tanggapan responden dalam memilih moda transportasi jika terjadi kenaikan tarif parkir, sebesar 19% mengaku akan beralih menggunakan moda angkutan umum mirkolet, 50% akan beralih menggunakan moda angkutan umum berbasis online (taksi online), dan 30% tetap akan menggunakan kendaraan pribadi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kenaikan tarif parkir sebesar Rp. 25.000,- akan mempengaruhi 56% responden untuk berpindah moda dari kendaraan pribadi ke taksi online, dan mempengaruhi 73% responden untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke mikrolet. Kata kunci: Tarif Parkir, Pemilihan Moda, Binomial Logit, Stated Preference
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tarif Parkir, Pemilihan Moda, Binomial Logit, Stated Preference |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:08 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:08 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
View Item |