PENGARUH BEBAN MUATAN TERHADAP KEAUSAN BAN PADA KENDARAAN BARANG (STUDI KASUS : MITSUBISHI L 300)

JATI, MUHAMMAD FADHIL (2025) PENGARUH BEBAN MUATAN TERHADAP KEAUSAN BAN PADA KENDARAAN BARANG (STUDI KASUS : MITSUBISHI L 300). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22031008-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22031008-KKW-BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22031008-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22031008-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22031008-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22031008-KKW-BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22031008-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban muatan terhadap keausan ban pada kendaraan barang Mitsubishi L300. Keausan ban merupakan salah satu indikator penting dalam keselamatan berkendara dan efisiensi operasional kendaraan barang. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen lapangan di Terminal Tipe B Slawi, Kabupaten Tegal, dengan variasi beban 0 kg, 1.180 kg, 1.357 kg, dan 1.534 kg. Pada kondisi tanpa beban (berat kosong kendaraan), keausan ban yang terjadi paling rendah, yaitu sebesar 0,027%. Keausan bertambah pada beban 1.180 kg (beban standar) dengan tingkat keausan sebesar 0,050%, kemudian meningkat lagi pada beban 1.357 kg dengan tingkat keausan sebesar 0,060% dan mencapai keausan tertinggi pada beban 1.534 kg dengan keausan sebesar 0,071%. Dengan demikian hasil pengujian keausan ban menunjukkan pengaruh apabila beban muatan yang diangkut kendaraan meningkat. Semakin tinggi beban muatan yang diangkut maka semakin banyak terjadi keausan pada permukaan ban. Dengan demikian, semakin berat beban yang diangkut, maka keausan ban semakin meningkat, khususnya pada sumbu belakang (sumbu 2) akibat distribusi beban dan sistem penggerak roda belakang. Hasil ini menegaskan pentingnya pengaturan muatan sesuai kapasitas agar keausan ban tidak terjadi secara cepat dan kendaraan tetap laik jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keausan ban, Beban muatan, Jarak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22031008 22031008
Date Deposited: 28 Aug 2025 10:07
Last Modified: 29 Aug 2025 00:53
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4134

Actions (login required)

View Item View Item