ADISTY, BAPTISTA VARANI ZARA (2025) KAJIAN BIAYA PENGANGKUTAN BARANG BERBAHAYA DAN BERACUN MENGGUNAKAN TRUK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011005-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011005-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011005-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011005-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011005-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011005-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (175kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011005-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Praktik overloading terjadi di PT Prasadha Pamunah Limbah Industri. Hal ini disebabkan karena customer ingin mengangkut lebih banyak barang dalam satu perjalanan untuk mengurangi jumlah frekuensi perjalanan, yang akan menekan biaya pengangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji biaya pengangkutan barang berbahaya dan beracun menggunakan truk di PT PPLI. Metode pengambilan data diperoleh melalui wawancara dengan pihak departemen transportasi dan customer service PT PPLI untuk memperoleh data primer, serta data sekunder diperoleh dari data perusahaan dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman untuk menganalisis data hasil wawancara, serta analisis kuantitatif dengan metode biaya operasional kendaraan berdasarkan PM 60 Tahun 2019 untuk menghitung biaya minimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 faktor yang mempengaruhi overloading pada kendaraan angkutan barang berbahaya dan beracun di PT PPLI, yaitu menghemat biaya pengangkutan, menghemat waktu pengangkutan, kurangnya kesadaran dan edukasi mengenai bahaya overloading, menghemat tenaga pekerja pemuatan, adanya kejar target dari sisi customer, dimensi bak truk yang tidak sesuai, dan kurangnya pengawasan dari pihak PPLI pada saat pemuatan di customer. Biaya minimum dari ketiga truk roll off yang digunakan untuk pengangkutan ke Non Ferindo Utama, yaitu truk roll off 6009 sebesar Rp51.428,90, truk roll off 6023 sebesar Rp54.934,14, dan truk roll off 6028 sebesar Rp51.824,53. Rekomendasi yang dapat diberikan, yaitu penerapan biaya minimum yang diharapkan dapat memberikan biaya yang lebih ekonomis bagi customer, melakukan penyesuaian tinggi bak agar disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, sosialisasi rutin oleh PT PPLI mengenai bahaya overloading kepada customer, dan peningkatan pengawasan pemerintah terhadap praktik overloading dan overdimensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan angkutan barang berbahaya dan beracun, overloading, biaya operasional kendaraan (BOK) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HG Finance T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011005 21011005 |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 00:19 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 00:19 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |