ANALISIS KECELAKAAN TABRAK DEPAN-BELAKANG DI JALAN TOL

FAHMI, SILVIA AFIDA (2025) ANALISIS KECELAKAAN TABRAK DEPAN-BELAKANG DI JALAN TOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011029-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011029-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011029-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011029-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011029-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011029-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011029-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan tabrak depan-belakang merupakan kecelakaan yang paling sering terjadi sebanyak 29% dari jumlah total 69,3% tabrakan yang terjadi. Kecelakaan tabrak depan-belakang tersebut dapat terjadi di jalan tol, salah satunya yaitu ruas jalan tol X. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan tabrak depan-belakang adalah volume lalu lintas dan karakteristik jalan salah satunya jumlah lajur jalan. Di Indonesia, penelitian mengenai hal tersebut belum pernah dilaksanakan. Oleh karena itu, penelitian ini diambil dengan tujuan menganalisis faktor penyebab kecelakaan tabrak depan-belakang, menganalisis pengaruh volume lalu lintas dan jumlah lajur jalan, serta memberikan rekomendasi untuk mengurangi kecelakaan tabrak depan-belakang di jalan tol. Metode yang digunakan yaitu analisis 5W+1H dan analisis regresi poisson. Namun, dikarenakan adanya indikasi overdispersi sehingga diberikan alternatif lain yaitu analisis negatif binomial. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor penyebab kejadian kecelakaan dikarenakan faktor manusia yaitu kurang antisipasi dan mengantuk. Berdasarkan hasil analisis, volume lalu lintas dan jumlah lajur berperngaruh terhadap peningkatan kejadian kecelakaan tabrak depan-belakang. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Kecelakaan Tabrak Depan-Belakang, Volume Lalu Lintas, Jumlah Lajur Jalan, Regresi Poisson, Regresi Negatif Binomial
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011029 21011029
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:31
Last Modified: 31 Jul 2025 08:31
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item