ARIFIN, ILYAS (2025) RANCANG BANGUN PENGUKURAN INTENSITAS CAHAYA LAMPU LED PADA LAMPU UTAMA KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031013-KKW-ABSTRAK.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
22031013-KKW-BAB 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
22031013-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
22031013-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
22031013-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
22031013-KKW-BAB5.pdf Download (160kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031013-KKW- LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu proses pengujian persyaratan laik jalan kendaraan bermotor adalah pengujian lampu utama kendaraan yang meliputi pengujian intensitas cahaya lampu utama dan penyimpangan arah sinar lampu menggunakan alat uji Headlight Tester. Jenis lampu yang digunakan kendaraan memiliki berbagai jenis salah satunya lampu LED, yang saat ini semakin banyak digunakan oleh produsen otomotif. Namun dalam pelaksanaan pengujian masih terdapat beberapa permasalahan yaitu sebagian besar pengujian kendaraan bermotor di Indonesia alat headlight tester tidak kompatibel untuk mengukur intensitas cahaya lampu LED. Sebab alat generasi lama umunya hanya akurat dalam mengukur intensitas cahaya lampu seperti halogen dan HID. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat rancang bangun alat pengukuran intensitas cahaya lampu LED yang nantinya dapat digunakan di gedung uji yang menggunakan Headlight Tester tidak kompatibel dengan lampu LED. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model borg and gall. Dalam pembuatan alat ini peneliti menggunakan reflektor dilapisi stiker dengan pantulan cahaya tinggi serta lensa cembung yang berfungsi mengumpulkan dan memfokuskan cahaya ke sensor. Sensor cahaya yang digunakan yaitu sensor BH1750 yang diproses oleh mikrokontroller ESP 32 dan ditamplikan oleh LCD I2C, serta terdapat sensor ultrasonic HCSR04 untuk mengukur jarak antara alat dengan lampu kendaran. Alat juga terintegrasi dengan aplikasi telegram yang dapat menyimpan hasil pengukuran serta printer thermal untuk mencetak hasil pengukuran. Dengan bantuan rancang bangun alat ini dapat menjadi solusi alternatif pengujian lampu utama jenis LED, terutama di gedung uji yang headlight testernya belum kompatibel dengan lampu LED. Alat ini dirancang portabel sehingga tidak harus terus terhubung dengan arus Listrik dan kemudahan dalam penggunaanya. Kata Kunci : Intensitas cahaya, lampu LED, Pengujian kendaraan bermotor, Headlight Tester, Research and Development.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas cahaya, lampu LED, Pengujian kendaraan bermotor, Headlight Tester, Research and Development. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031013 22031013 |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |