ADELIA, AUDYA KEISYA and LAKSONO, ARDHIKA BUDHI and MUDZAKA, DIFA RAKHA and BERLIANINDYA, FIARENTINA (2024) LAPORAN MAGANG I ZONA RISIKO: IDENTIFIKASI DAN MITIGASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI TOL WARU-JUANDA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIANALISIS. Project Report. POLITEKNIK KESELATAMAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-BAB_I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-BAB_5.pdf Download (287kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011034_21013069_21013095_21013103-MAGANG 1-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Tol Waru – Juanda merupakan jalur penting yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Bandara Internasional Juanda. Seiring dengan tingginya volume lalu lintas, potensi kecelakaan di ruas tol ini menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan keselamatan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kecelakaan, mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan, serta memberikan rekomendasi strategi mitigasi guna mengurangi angka kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik kendali mutu dengan pendekatan Upper Control Limit (UCL), metode regresi untuk melihat hubungan antara volume lalu lintas dan kecelakaan, serta perhitungan Equivalent Accident Number (EAN), Z-Score, dan Cussum untuk menentukan peringkat lokasi rawan kecelakaan. Data yang digunakan terdiri dari data primer hasil observasi lapangan serta data sekunder berupa rekaman kecelakaan yang dikelola oleh PT Citra Margatama Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecelakaan tunggal merupakan jenis kecelakaan yang paling sering terjadi, dengan faktor utama berupa kelalaian pengemudi dan kecepatan tinggi. Lokasi rawan kecelakaan yang paling dominan berada di KM 11+200, dengan tingkat kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan segmen lainnya. Selain itu, meskipun sebagian besar fasilitas keselamatan telah memenuhi standar pelayanan minimal, masih ditemukan beberapa kekurangan, seperti kondisi barier yang rusak dan pencahayaan yang kurang optimal. Sebagai rekomendasi, strategi mitigasi yang dapat diterapkan meliputi peningkatan pengawasan di lokasi rawan kecelakaan, pemasangan rambu tambahan, optimalisasi sistem penerangan, serta edukasi kepada pengguna jalan mengenai keselamatan berkendara.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan jalan; kecelakaan lalu lintas; mitigasi kecelakaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Fiarentina 21013103 21013103 |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:57 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |