ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE KERNEL DENSITY DENGAN ARCGIS (STUDI KASUS: KABUPATEN SERANG)

A'YUN, ALLYSA QURROTA (2025) ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE KERNEL DENSITY DENGAN ARCGIS (STUDI KASUS: KABUPATEN SERANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPOTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011032-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011032-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011032-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011032-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011032-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011032-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011032-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius yang menyebabkan kerugian fisik, material, dan psikologis. Kabupaten Serang, sebagai wilayah strategis yang dilalui jalur transportasi utama seperti jalan tol Jakarta-Merak, mengalami peningkatan angka kecelakaan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi rawan kecelakaan di Kabupaten Serang menggunakan metode Kernel Density Estimation (KDE) dengan bantuan perangkat lunak ArcGIS. Data kecelakaan yang digunakan mencakup periode 2021-2023 dan diperoleh dari Satlantas Polres Kabupaten Serang. Metode KDE digunakan untuk mengidentifikasi daerah dengan tingkat kerawanan kecelakaan tinggi berdasarkan kepadatan titik kejadian. Analisis dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu tanpa pembobotan dan dengan pembobotan Equivalent Accident Number (EAN) yang mempertimbangkan tingkat fatalitas kecelakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi rawan kecelakaan terkonsentrasi di sepanjang Jalan Serang-Jakarta, terutama di Kecamatan Kibin, Kragilan, dan Cikande. Validasi hasil pemetaan menunjukkan tingkat akurasi sebesar 58%. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecelakaan, seperti faktor manusia (98%), kendaraan (1%), dan jalan (1%). Upaya peningkatan keselamatan yang direkomendasikan meliputi perbaikan infrastruktur jalan, penambahan rambu lalu lintas, dan pemasangan rumble strip untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan pihak terkait dalam mengambil langkah preventif untuk menurunkan angka kecelakaan di Kabupaten Serang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Kernel Density Estimation (KDE), ArcGIS, Kabupaten Serang, keselamatan jalan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011032 21011032
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:03
Last Modified: 18 Jul 2025 06:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item