EVALUASI PENERAPAN SENSOR LOOP PADA SIMPANG MENOWO KOTA MAGELANG

PANGESTUTI, ZULEDA RACHMA (2024) EVALUASI PENERAPAN SENSOR LOOP PADA SIMPANG MENOWO KOTA MAGELANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011030-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text (BAB I)
20011030-SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
20011030-SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
20011030-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
20011030-SKRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20011030-SKRIPSI-BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011030-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan teknologi pendeteksi kendaraan sudah diterapkan di Kota Magelang tepatnya pertama kali di Simpang Menowo Kota Magelang sejak tahun 2015. Namun sampai saat ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap kinerja penerapan alat tersebut. detektor yang digunakan pada lokasi penelitian adalah jenis sensor loop, tetapi belum dapat mendeteksi jenis kendaraan yang melintas. masih sering terjadi antrian kendaraan yang panjang pada kaki simpang. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan volume lalu lintas hasil deteksi dari sensor loop dan melalui survei secara langsung di lapangan. Volume kendaraan dari survei secara langsung di lapangan lebih banyak dibandingkan hasil deteksi sensor dan dilakukan perhitungan terhadap kinerja simpang dengan menggunakan parameter pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 yaitu menghitung kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan. Dari perbandingan jumlah kendaraan didapatkan hasil yaitu volume lalu lintas melalui deteksi sensor dan survei manual mempunyai selisih yaitu 54 kendaraan atau 0,38%. Hasil analisis kinerja pada Simpang Menowo Kota Magelang menghasilkan nilai rata – rata derajat kejenuhan pada semua kaki simpang sebesar 0,66; nilai rata – rata panjang antrian sebesar 6,10 m; dan nilai rata – rata tundaan sebesar 110,78 detik/smp. Berdasarkan PM Nomor 96 Tahun 2015, tingkat pelayanan simpang memiliki tundaan diatas 60 detik/kendaraan sehingga memiliki nilai F.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sensor Detektor, Tingkat Pelayanan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: ZULEDA RACHMA PANGESTUTI
Date Deposited: 22 Aug 2024 09:21
Last Modified: 22 Aug 2024 09:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item