ANALISIS PENINGKATAN KINERJA DAN KESELAMATAN SIMPANG JALAN KI MAJA – JALAN URIP SUMOHARJO KOTA BANDAR LAMPUNG

FAHMI, MUHAMMAD FARHIZA (2024) ANALISIS PENINGKATAN KINERJA DAN KESELAMATAN SIMPANG JALAN KI MAJA – JALAN URIP SUMOHARJO KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011017_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (973kB)
[img] Text (BAB 1)
20011017_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2)
20011017_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011017_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011017_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011017_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011017_SKRIPSI_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan utama masyarakat dengan peran signifikan dalam pembangunan wilayah dan aksesibilitas antar wilayah (Azis & Asrul, 2014). Transportasi juga mempengaruhi perekonomian sebagai penunjang, pendorong, dan penggerak ekonomi (Haryono, 2012). Namun, kemacetan menjadi masalah utama yang menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar, terbuangnya waktu, dan pencemaran lingkungan (Sugiyanto, 2012), serta dampak psikologis (Putri, Anward, & Erlyani, 2016). Kemacetan sering terjadi di persimpangan, khususnya yang tidak bersinyal (Firmansyah & Tjahjani, 2012; Nadia Karunia et al., 2021). Persimpangan antara Jalan Ki Maja dan Jalan Urip Sumoharjo di Kota Bandar Lampung sering mengalami kemacetan. Persimpangan ini penting karena merupakan pertemuan arus kendaraan dari area perkotaan, pasar, dan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi eksisting kinerja persimpangan dan peningkatan kinerjanya menggunakan analisis PKJI 2023, mikrosimulasi PTV Vissim, dan SSAM. Hasil analisis menunjukkan derajat kejenuhan simpang sebesar 0,91, melebihi standar yang dapat diterima (<0,85). Dari lima alternatif yang dianalisis, penerapan satu arah menghasilkan kinerja tertinggi dengan derajat kejenuhan 0,71, tundaan simpang minimal, dan konflik lalu lintas paling sedikit, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Tidak Bersinyal, PTV Vissim, Derajat Kejenuhan, Konflik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: MUHAMMAD FARHIZA FAHMI
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:40
Last Modified: 16 Aug 2024 08:40
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item