GUMILANG, RAHMAT FAUZAN CAHYA (2024) ANALISIS PREDIKSI KECELAKAAN PADA JALAN ARTERI PRIMER DENGAN METODE CRASH MODIFICATION FACTOR (CMF) DAN SAFETY PERFORMANCE FUNCTION (SPF). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011050-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (552kB) |
|
Text (BAB 1)
20011050-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 2)
20011050-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011050-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011050-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011050-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (65kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011050-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius yang terjadi di Kota Semarang, khususnya di Jalan Perintis Kemerdekaan yang melayani arus lalu lintas dengan volume dan kecepatan kendaraan yang tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan ruas Jalan Perintis Kemerdekaan memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kondisi geometri jalan mempengaruhi tingkat kecelakaan dengan menganalisis model prediksi kecelakaan berdasarkan Highway Safety Manual (HSM), serta menilai sejauh mana geometri jalan berpengaruh terhadap keselamatan lalu lintas. Pada penelitian ini mengunakan data kecelakaan untuk dilakukan analisis dengan menggunakan metode Crash Modification Factor (CMF) dan Safety Performance Function (SPF) untuk menghitung prediksi kecelakaan. Hasil analisis menunjukkan geometri jalan yang memiliki nilai rata-rata CMF sebesar 3,72 dengan nilai CMF terbesar pada alinyemen horizontal. Besarnya nilai CMF alinyemen horizontal memoengaruhi nilai prediksi kecelakaan. Prediksi kecelakaan menggunakan metode Safety Performance Function didapatkan hasil prediksi lebih tinggi dari data kecelakaan aktual. Berdasarkan hasil analisis standar error rata-rata hasil prediksi sebesar 21,33% dengan kategori “cukup” yang berarti prediksi menggunakan CMF dan SPF sudah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis geometri jalan yang berpengaruh terhadap jumlah kecelakaan adalah alinyemen horizontal, laur mendahului, dan desain tepi jalan dengan interpretasi nilai menunjukkan tingkat hubungan sedang. Analisis prediksi kecelakaan menggunakan metode Crash Modification Factor (CMF) dan Safety Performance Function (SPF) dapat dilakukan karena memiliki kategori standar error cukup serta harus mempertimbangkan faktor kalibrasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prediksi Kecelakaan Lalu Lintas, Crash Modification Factor, Safety Performance Function |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | RAHMAT FAUZAN CAHYA GUMILANG |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 02:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 02:48 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3015 |
Actions (login required)
View Item |