WAHYUSEPTIONO, MUHAMAD (2024) EVALUASI TINGKAT KESELAMATAN PENUMPANG SEPEDA MOTOR YANG DIGUNAKAN UNTUK KEPENTINGAN MASYARAKAT. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011045-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 1)
20011045-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2)
20011045-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011045-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011045-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011045-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011045-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kudus, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, terletak antara 6° 51' - 7° 16' Lintang Selatan dan antara 110° 36' - 110° 50' Bujur Timur. Salah satu obyek wisata religi yang menjadi daya tarik bagi Kabupaten Kudus adalah Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus. Dalam moda transportasi wisata religi di Kabupaten Kudus terutama di kawasan makam Sunan Kudus terdapat beberapa angkutan wisata, seperti menggunakan sepeda motor (ojek), angkudes, dan elf. Melihat terdapat beberapa ketidaksesuaian seperti kepatuhan pengemudi ojek terhadap lalu lintas, jumlah penumpang, ataupun adanya beberapa kondisi jalan yang tidak sesuai, terutama yang melibatkan ojek Kawasan Wisata Religi Sunan Kudus, maka penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan ojek Kawasan Wisata Religi Sunan Kudus ditinjau dari faktor manusia, kendaraan, dan jalan/lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control) untuk mengevaluasi keselamatan penumpang ojek Kawasan Wisata Religi Sunan Kudus. Hasil analisis tingkat kesesuaian pengemudi ojek, kendaraan, dan jalan di Kawasan Wisata Religi Sunan Kudus menunjukkan bahwa beberapa indikator masih tidak memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan di area tersebut, seperti melalui pelatihan pengemudi ojek, perbaikan kendaraan, dan perbaikan infrastruktur jalan. Dalam mengambil langkah yang tepat untuk mengurangi risiko kecelakaan menggunakan empat kategori tingkat risiko keselamatan penumpang: rendah (low), sedang (moderate), tinggi (high), dan kritis (critical). Langkah-langkah pencegahan kecelakaan lalu lintas harus difokuskan pada bahaya dengan risiko tertinggi untuk meminimalkan potensi kecelakaan dan cedera.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Ojek; HIRA; Bahaya; Risiko. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | MUHAMAD WAHYUSEPTIONO |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 01:28 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 01:28 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3008 |
Actions (login required)
View Item |